YouTube Kini Hadirkan Dark Mode Untuk Pengguna Android

Dark mode atau mode gelap pada YouTube kini telah hadir untuk semua pengguna posel. Pada Maret lalu, YouTube secara resmi merilis dark mode atau mode gelap hanya untuk pengguna iOS.

Namun kini pengguna Android juga bisa menikmati tampilan gelap ini. Dilansir dari The Verge, sejak YouTube meluncurkan dark mode di versi desktop pada tahun lalu, pengguna ponsel di seluruh dunia meminta agar mode tersebut bisa digunakan di aplikasi Youtube.

Mengaktifkan fitur mode gelap

Seperti mode gelap yang hadir di YouTube versi desktop, pengguna hanya tinggal mengganti mode lewat Setting untuk mengaktifkannya. Untuk mengetahui apakah pengguna YouTube di Android telah menerima fitur baru tersebut atau tidak, terdapat pesan pop-up yang menawarkan pengguna untuk mengaktifkan mode gelap tersebut dan bisa diatur kembali lewat Setting jika pengguna mau mengembalikannya ke mode semula.

Fitur ini juga bisa diatur secara manual dengan cara menekan pilihan Pengaturan dan kemudian di Umum. Tepat di bawah fitur “Remind me to take break” dari Digital Wellbeing, ada tombol “Dark Theme” yang baru.

Seperti pada web dan iOS, tema lebih berwarna abu-abu gelap daibanding warna hitam.
Latar belakang aplikasi, pengaturan, halaman pencarian, dan apa pun yang sebelumnya putih mengadopsi tema gelap. Pemutar video yang ringkas dan diperkecil, serta semua tab juga mendapatkan perlakuan yang sama.

Mengingat Youtube merupakan anak perusahaan Google itu memang ironis, karena dark mode malah diluncurkan terlebih dahulu untuk pengguna Apple. Padahal app store pengguna android adalah Google Playstore.

Seharusnya Google mendahulukan fitur-fitur terbaru Youtube untuk pengguna Android yang mengunduh dari Google Playstore.

Dark mode ini bisa mencegah cahaya berlebihan dari layar ponsel yang merusak jam biologis tubuh dan juga cahaya ponsel dapat merusak mata dengan adanya blue light.

Dark mode juga bisa mencegah kerusakan jam biologis tubuh yang bisa menangkal beragam penyakit dan gangguan kesehatan mulai dari rasa kesepian, depresi berat, dan gangguan bipolar.

Jam biologis tubuh itu penting dalam mengatur siklus istirahat-bekerja, siang-malam, mempengaruhi pola tidur, serta pelepasan hormon dan bahkan suhu tubuh.

Penulis : Nisa

Shares
Share This