MENDIDIK ANAK DENGAN METODE ISLAMIC HYPNO PARENTING

ISLAMIC HYPNO PARENTING adalah seni mendidik anak dengan komunikasi verbal ataupun non verbal tang sangat efektif sehingga perkataan dan nasihat kita didengar dan disimpan dalam fikiran alam bawah sadar anak hingga dewasa. Secara tidak sadar sebenarnya orangtua sudah melakukan tekhnik tersebut namun sayangnya sering kali memberikan sugesti yang buruk kepada anak, sehingga sugesti yang di berikan masuk kedalam fikiran bawah sadar anak hingga anak dewasa. Sebagai contoh, ketika anak melakukan kesalahan orangtua sering kali berkata “dasar nakal” atau “nakal sekali kamu” atau kata-kata negative lainnya yang mencerminkan anak itu nakal. Sugesti negative seperti ini yang berbahaya dalam pembentukan akhlak anak.

skema komunikasi “ALAM BAWAH SADAR” oleh Ust. UCU foto:rief,cirebonmedia
Dalam sebuah kajian USTADZ. UCU NAJMUDIN, S.Pd.I.,M.Pd.,CH.Ch.T.,SNLP dari Bandung didepan jama’ah MAJELIS TA’LIM AL-MANHAJ menerangkan ada lima cara masuk kedalam alam bawah sadar anak yaitu:
1. Lakukan nasehat atau berikan informasi lewat figure otoritas, yaitu sosok yang di anggap panutan oleh si anak.
2. Lakukan repetisi atau nasihat yang disampaikan terus di ulang-ulang
3. Emosi yang intensive atau berikan nasihat ketika anak sedang menangis atau sedang marah
4. Pergaulan atau bersama siapa anak bergaul
5. Gelombang otak yang di buka yaitu pada saat sebelum tidur dan pada saat bangun tidur

USTADZ. UCU NAJMUDIN pun menjelaskan bahwa proses untuk memasuki alam bawah sadar membutuhkan neocoretec yang aktif seperti yang di contohkan Nabi MUHAMMAD SAW, tidak serta merta memberi sugesti yang negative. ISLAMIC HYPNO PARENTING dapat di manfaat kan agar anak mau melaksanakan sholat tepat waktu tanpa harus disuruh, namun harus tetap melibatkan ALLAH SWT.

Apa yang Ust. UCU sampaikan tentang metode “Islamic Hipnoparenting – Multiple Therapy for Muslim” dapat dibaca pada buku best seller karya Ust. Ucu Najmudin,S.Pd.I.,M.Pd.,CH.Ch.T.,SNLP yang menjadi pengisi materi dalam kajian yang di selenggarakan oleh Majlis Ta’lim Al Manhaj Yayasan Cahaya Mutiara Ilmu yang beralamat di Grand Imperium/Taman Weru Permai Blok G.1 No. 10. Desa Weru Kidul Kec. Weru Ka. Cirebon pada tanggal 2 Desember 2018 kemarin.

penulis: arif budiman

Shares
Share This