CARA AMPUH MENGHILANGKAN KETOMBE

Jeruk nipis dan santan
Sumber: google

Gejala ketombe yang mudah dikenali adalah terdapat serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih yang gatal dan bertebaran di rambut atau bisa juga sampai berjatuhan di bahu. Walaupun banyak sekali sampo anti ketombe yang dijual dipasaran, masih banyak yang merasa belum maksimal. Apalagi jika sampo tidak cocok dengan kulit kepala kita, malah akan semakin membuat ketombe menjadi lebih banyak. Maka dari itu penggunaan bahan alami menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda.

Berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi ketombe.

  • Minyak Zaitun

Penggunaan sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun pada kulit kepala rambut. Jangan lupa beri pijatan lembut agar mudah meresap. Diamkan selama 30 menit sebelum mandi.

 

  • Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai karakteristik yang mendinginkan kepala. Caranya cukup haluskan daging lidah buaya, lalu ratakan ke kulit kepala dengan memijat secara perlahan agar dapat meresap ke dalam kulit kepala.

 

  • Jeruk Nipis dan Santan

Campurkan satu gelas air santan dan 2 sdm jeruk nipis, setelah kedua bahan tersebut tercampur oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

 

  • Minyak Kelapa

Minyak Kelapa kaya akan vitamin E yang dapat menutrisi dan menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut Anda, selain itu minyak kelapa juga membantu menghilangkan ketombe dari rambut Anda karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan 1 sendok makan minyak kelapa ke rambut Anda yang masih dalam keadaan kering, diamkan selama 30 menit. Setelah selesai, keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampoo.

 

  • Jahe

Jahe sering digunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe karena memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan di kulit kepala yang dapat mengakibatkan ketombe dan menghambat pertumbuhan jamur.

Caranya dengan parut jahe secukupnya, lalu direbus hingga sarinya keluar. Setelah itu sari jahe tersebut dicampur dengan 1 sendok teh minyak wijen dan gunakan bahan-bahn tersebut untuk keramas. Diamkan selama 15 menit lalu basuh hingga bersih.

 

 

Penulis: Nita

Sumber: familinia.com

 

 

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This