Tips Sukses Menjadi Seorang Digitalpreneur, Pengusaha di Bidang Digital

Dunia bisnis kini sudah semakin ketat, penawaran produk dan jasa dengan kualitas yang terbaik adalah strategi yang digunakan oleh paara pengusaha. Namun untuk mempertahankan kualitas terbaik kadang sangat sulit. Ini pula yang dirasakan oleh para digitalpreneur, atau disingkat dengan digipreneur.

Digitalpreneur yaitu pelaku bisnis yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain enterpreneur, digitalpreneur ketika ini juga semakin mewabah. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin mumpuni.

Diperlukan strategi yang berbeda untuk menghasilkan produk maupun jasa yang dapat diminati oleh pasar. Untuk mengembangkan bisnis di bidang digital dan menjadi digipreneur sukses, yang perlu diidentifikasi terlebih dahulu adalah mengetahui keahlian yang kamu punya agar bisa menjadi kelebihan bisinis kamu.

1. Menentukan bisnis yang tepat

Bagaimana caranya? Kamu bisa menentukannya dari keahlian, wawasan, dan pasar. Berdasarkan keahlian tentunya kamu lebih tahu apa keahlianmu. Sebelum memutuskan ingin mencoba satu peluang binsis digital pertimbangkan kembali kemampuan apa yang kamu punya.
Jika kamu hobi hobi menulis, cobalah membuat blog dan terus menambah wawasan kamu tentang digital marketing.

2. Menemukan peluang usaha

Memiliki kemampuan di bidang teknologi dan digital tentu saja tidak cukup, kamu juga harus bisa menemukan peluang bisnis yang berpotensi. Maksudnya, bisnis digital yang kamu pilih memiliki potensi pasar yang luas dan sedang populer. Salah satu contohnya adalah menjalankan bisnis digital berupa mobile game dan tentunya disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan kamu.

3. Kreatif

Persaingan bisnis di bidang teknologi digital juga sama ketatnya seperti bisnis lain karena pasar bisnis digital sangat luas. Bukan hanya nasional, bahkan sampai internasional. Oleh karena itu, kamu harus kreatif agar produk yang kamu tawarkan lebih menarik ketimbang produk dari pesaing yang bidang usahanya sama.

4. Multitasking

Kamu juga harus menjadi multitasker. Yaitu bisa melakukan lebih dari satu pekerjaan. Selain menjadi founder, kamu juga harus bisa menjadi penjual, pemasar, dan manajer untuk mengembangkan bisnis. Untuk itu, diperlukan wawasan yang lebih dalam untuk menjalankan bisnis digital yang masih baru.

Penulis : Nisa

Shares
Share This