Meninggalkan Botol Air di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kebakaran

Meletakkan botol air di dalam mobil memang terdengar biasa. Seperti yang sering dilakukan, banyak orang meninggalkan air pada kemasan botol plastik di dalam mobil pada siang hari saat cuaca sedang panas.

Tetapi pada hari yang panas, plastik dapat bertindak sebagai lensa, memfokuskan cahaya menjadi sinar berenergi tinggi. Ini cukup kuat untuk membakar material seperti pelapis jok mobil.

Membawa botol minum yang berisi air minum memang penting. Akan tetapi, meninggalkannya di dalam mobil adalah kesalahan besar.

Meninggalkan air minum di dalam mobil pada siang hari bisa memicu terjadinya percikan api dan menyebabkan kebakaran. Kedengarannya memang aneh.

Bagaimana botol air bisa menyebabkan kebakaran?

botol air
botol memfokuskan sinar matahari foto: autospeedmax.blogspot.com

Air adalah salah satu benda yang biasanya digunakan untuk memadamkan api tetapi bisa juga membakar.

“Botol air bertindak seperti lensa yang memfokuskan cahaya yang masuk melalui jendela,” penjelasan dari Odile Madden, seorang ilmuwan material di Getty Conservation Institute di Los Angeles pada Live Science.

Cahaya terdiri dari banyak foton, yang merupakan partikel subatom yang bergerak dalam garis lurus, kata Madden. Lensa kacamata dan mikroskop mengarahkan foton sehingga mereka bertemu pada suatu titik.

Teori ini sama seperti teori kaca pembesar.

Saat cahaya melalui kaca pembesar, kaca akan memancarkan sinarnya dengan lebih fokus. Fokus sinarnya yang intens, cahaya akan menciptakan panas dan menimbulkan api.

Hal ini juga berlaku pada sebotol air.

Air punya sifat yang hampir sama dengan kaca pembesar. Saat sinar dipancarkan melalui air, cahaya tersebut akan kembali dipantulkan secara fokus.

Jika hal ini terjadi dan ditambah dengan adanya bahan bakar, bisa memperbesar kobaran api sehingga mobil akan lebih mudah terbakar.

Boleh saja kalau kamu kepanasan dan ingin membawa sebotol air. Tetapi lebih baik kamu juga ikut membawa botolnya saat kamu turun dari mobil.

Kamu juga bisa meletakkannya di bawah jok mobil jika benar-benar harus meninggalkannya. Karena botol yang disimpan di bawah jok mobil tidak akan langsung terpapar sinar matahari dari kaca mobil.

Penulis : Nisa

Shares
Share This