Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon Luncurkan Pelayanan Baru

Cirebonmedia.com- Pada era globalisasi seperti saat ini, ketika sektor teknologi yang tumbuh secara pesat, serta kebutuhan dan kecerdasan masyarakat semakin tinggi akan pemenuhan pelayanan publik oleh pemerintah. Menuntut pelayanan publik lebih baik dan cepat untuk memenuhi pelayanan terhadap masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan terhadap masyarakat, Kantor Imigrasi kelas II Cirebon meluncurkan pelayanan baru yang dinamai “Drive Thru” atau pengambilan paspor mandiri. Dalam acara peresmian tersebut diawali dengan sambutan dari kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon yaitu Eko Budiyanto. Peresmian ini juga dihadriri oleh Kepala Kantor KEMENKUMHAM wilayah JABAR Bapak I W Sukerta.

Pengambilan paspor mandiri ini diharapkan dapat mempercepat waktu pengambilan lebih cepat, yang biasanya membutuhkan waktu 15 menit bisa dipangkas dalam waktu 2 menit.

Saat diwawancarai oleh tim dari Cirebon Media, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon menuturkan “ sistem kerja alat ini ialah Pemohon hanya memindai slip pembayaran yang sudah ada nomor barcode pada mesin barcode, dengan sistem yang canggih ini langsung dapat terkoneksi dengan ruang pengambilan paspor, di ruang pengambilan paspor langsung muncul keterangan bahwa yang bersangkutan berada pada slot atau lemari mana, seperti simulasi yang sudah dilakukan oleh Pak Alfin Maulana. Jika sebelumnya dengan cara manual petugas tidak mengetahui berada di slot mana pihak pemohon yang menjadikan proses memakan waktu lama, namun dengan adanya sistem ini, proses pengambilan paspor menjadi lebih cepat dari sebelumnya”.

IMG_8835Kepala Kantor KEMENKUMHAM wilayah JABAR menambahkan “ dengan system yang seperti ini akan sangat membantu dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, di wilayah Jawa Barat sendiri, system pelayanan serupa hanya baru terdapat di Cirebon saja, ini harus diacungi jempol karena kinerja serta inovasi semacam ini dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi dalam memberi pelayanan terhadap publik”.

Dengan adanya pelayanan berbasis sistem canggih ini masyarakat akan merasakan dampak positif dalam proses pembuatan paspor menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Semoga kedepannya seluruh kantor Imigrasi di wilayah Jawa Barat mengikuti terobosan cemerlang yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

 

 

Image By: Bhakti Gunawan/ Cirebon Media

 

Shares
Share This