Tempo Dulu dan Era Modern

Cirebonmedia.com- 2015, adalah tahun yang cukup lama untuk bumi ini, evolusi manusia pun sudah cukup banyak mengalami perubahan yang signifikan, baik dari segi makanan, pekerjaan, gaya hidup, kejahatan, uang, keindahan, dan percintaan.

Hal tersebut membuat banyak perbedaan dari zaman ke zaman. Perbedaan itu sudah sangat terlihat jelas sekali. Mulai dari makanan, memasuki awal era millennium, masih banyak sekali makanan sehat yang dapat kita temukan baik di jalan atau di supermarket,hal ini sangat berbanding terbalik dengan keadaan terjadi seperti saat ini.

Sekarang sudah sangat sulit sekali menemukan sebuah makanan yang bersih dan sehat, bahkan sayur sendiri pun sudah sangat banyak sekali racun pestisida yang menempel di sayur itu sendiri. Tak hanya makanan itu sendiri, pedagang nakal pun sering muncul untuk meraup keuntungan dengan cara-cara licik seperti menjual makanan dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengancam kesehatan.

pake_komputer_400Lalu dari segi pekerjaan, jika masyarakat pada zaman duhulu tidak kesulitan menemukan pekerjaan, lain hal yang terjadi dimasa sekarang. Dulu, manusia bisa memiliki pekerjaan tanpa harus dituntut memiliki skill khusus. Seperti bercocok tanam dan berburu. Mereka bisa melakukan pekerjaan sederhana sebagai mata pencarian. Dan dimasa ini, ketika semuanya sudah berkiblat kepada teknologi canggih yang menuntut seseorang memiliki kemampuan khusus untuk memulai pekerjaan dan mengoperasikan alat atau perangkat canggih tersebut, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin menipis. Terlebih lagi lahan pertanian mulai berubah menjadi perumahan dan gedung pencakar langit.

Pada akhirnya sedikit, peran manusia sedikit demi sedikit mulai tergantikan oleh robot-robot canggih ciptaan para ilmuwan jenius.

Begitu pula dengan gaya hidup masyarakat tempo dulu yang lebih baik, dalam artian lebih sehat dan mudah, gaya hidup zaman dulu tidak terlalu rumit atau bisa dibilang dengan sebutan gengsi, gaya hidup zaman dulu cukup sederhana, di bandingkan zaman sekarang mungkin lebih mengedepankan gengsi, tapi walaupun begitu ada beberapa yang memunculkan sebuah inovasi yang baik, zaman sekarang hampir kembali seperti zaman dahulu, jika zaman dahulu mempunyai sebuah motto hukum rimba “yang kuat yang berkuasa”, maka di zaman sekarang pun mempunyai motto hukum kota “yang pintarlah yang akan menguasai zaman”, ini akan lebih mengerikan karena akan terjadi perbudakan yang sangat tidak kita sadari oleh kepintaran seseorang yang akan mengusai zaman.

 

Perbedaan dari zaman ke zaman sudah jelas terlihat dan sekarang dari tahun ke tahun pun sudah sangat terasa sekali, akan kah kita akan hilang di telan zaman? ataukah kita akan ikut berperang untuk keberlangsungan hidup? keputusannya ada di diri kita sendiri.

 

 

 

Oleh: Shalom

Image By: Google.com

Shares
Share This