Cirebonmedia.com– Dunia pariwisata seakan tak ada matinya, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Saat dunia memasuki pintu gerbang digital, bisnis pariwisata melambung tinggi, dengan adanya kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi dari jalur online melalui gadget mereka.

Dengan kemajuan yang begitu pesat, banyak sekali masyarakat melirik bisnis ini sebagai pilihan usaha mereka, baik itu sebagai usaha utama atau pun usaha sampingan karena kemudahan yang tersedia melalui jalur online. Dengan melihat banyaknya masyarakat yang membangun bisnis ini, dibentuklah suatu Assosiasi yang berfungsi untuk menyatukan para pelaku pariwisata ini, dan Assosiasi tersebut dikenal dengan nama ASPPI ( Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia).

ASPPI di deklarasikan oleh 105 orang perwakilan Pekerja Pariwisata dari seluruh Indonesia pada tanggal 05 April 2008 di Monumen GARUDA Wisnu Kencana Bali. Assosiasi ini telah memiliki 1500 orang anggota yang terdaftar dan tersebar di seluruh Indonesia, dengan rata rata permohonan 5 pemohon setiap hari.

Assosiasi ini memiliki visi dan misi yang bertujuan sebagai pemersatu, Visi dan Misi ASPPI yaitu:

Visi :

 

Memajukan pariwisata Indonesia dengan meningkatkan profesionalisme pekerja pariwisatanya.

Misi :

 

  1. Menjadi wadah pemersatu bagi seluruh pekerja yang bergerak dibidang Industri Pariwisata antara lain: Biro Perjalanan Wisata, Penerbangan, Hotel, dan lain lain yang berkaitan langsung dengan industri pariwisata Indonesia.
  2. Dapat menjadi pelindung, pengayom bagi semua anggotanya
  3.  Mampu meningkatkan profesionalisme insan pariwisata dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
  4. Mempersiapkan seluruh anggotanya untuk menyongsong era perdagangan bebas dunia atau era liberalisasi pariwisata.

 

Kemajuan bisnis pariwisata terjadi dihampir seluruh daerah di Indonesia tak terkecuali Cirebon, di Cirebon sendiri bisnis ini sudah banyak sekali pelakunya, para pelaku bisnis ini pun sudah banyak yang menjadi anggota dari ASPPI. Dan untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Cirebon ASPPI menggelar pertemuan bagi anggotanya yang digelar di Jasmine Lounge Grage Hotel Cirebon dengan tema “ Konsorsium Paket Wisata 3 Negara”.

Dalam pertemuan kali ini diharapkan masyarakat Cirebon sadar bahwa kemampuan dan kapasitas travel agent di Cirebon itu memiliki kualitas yang sama dengan travel agent dari Jakarta dan Bandung.

 

 

Image By: Bhakti Gunawan / Cirbeon Media