Jangan takut gagal

“Jangan takut jatuh,karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah kedua.”

-Buya Hamka (1908-1981)

jangan-takut-gagal
jangan-takut-gagal

Dalam hidup,  sering kali kita menemukan sebuah kegagalan, karena hidup tidak selamanya sesuai dengan apa yang kita inginkan.  Untuk itu, menikmati sebuah kegagalan adalah hal yang wajar untuk kehidupan kita. Seperti apa yang Buya Hamka katakan diatas bahwa kita tidak akan bisa melangkah ataupun belajar jika kita saja tidak pernah jatuh atau gagal.

Maka dari itu penting untuk kita selalu belajar dari yang namanya sebuah kegagalan. Jangan jadikan kegagalan itu adalah akhir semua. Jangan jadikan jatuhmu adalah hal terakhir yang kamu lakukan. Ingat, hidup tidak akan berhenti hanya untuk menunggumu bangkit.

Bangkit dan ciptakan keberhasilan dari sebuah kegagalan yang sudah kamu dapatkan,  karena sebuah kesuksesan hanya akan datang pada mereka yang berusaha mendapatkannya bukan pada mereka yang hanya mengharapkannya.

Berbagai kegagalan akan terus datang selama kita berusaha meraih kesuksesan, yang hanya perlu kita lakukan adalah belajar sebanyak mungkin dari kegagalan tersebut sebagai pondasi untuk jalan kesuksesan kita. pada akhirnya sebuah kegagalan akan menjadi salah satu bagian dari lahirnya kesuksesan.

Dengan gagal kita akan belajar bagaimana cara untuk bangkit dan sukses. Jadi, jangan pernah untuk takut gagal dalam meraih sebuah kesuksesan.

Shares
Share This