Latihan Gabungan Calon Paskibraka 2017

Cirebo Media – Sebentar lagi kita akan merayakan Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang ke-72. Berbagai persiapan telah dilakukan dari jauh-jauh hari bahkan satu bulan sebelumnya. Menjelang perayaan biasanya orang-orang telah disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perayaan misalnya pengumpulan dana, pembuatan umbul-umbul, pemasangan bendera, menghias gapura, menyiapkan lahan untuk berbagai pertandingan, menyiapkan peserta dan panitia lomba dan lain sebagainya demi terwujudnya Perayaan Hari Kemerdekaan yang sukses.

Tentunya banyak pesan dan makna yang bisa diambil dari momen 17 Agustus ini mengingat jasa para pejuang yang membela tanah air hingga titik darah penghabisan. Untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan salah satunya adalah dengan melaksanakan upacara bendera, karena hal tersebut merupakan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia.

Untuk melaksanakan upacara yang penuh hikmat tentunya perlu persiapan yang ekstra bagi para pelaksananya. Inilah yang dilakukan para calon Paskibraka 2017 di PP-PON Cibubur Jakarta Timur untuk persiapan upacara di Istana Merdeka 17 Agustus mendatang. Terlihat Tim gabungan  terdiri dari anggota TNI AD, TNI AU, TNI AL, Polri, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), serta Marching Band.

Pada latihan gabungan antara calon Paskaibraka 2017 dengan Paspampres, TNI AU, AL, AD, dan Kepolisian sekaligus untuk menilai siapa saja yang akan ditunjuk menjadi Komandan Upacara, Komandan Kelompok 8, Komandan Kelompok 17, Penggerek, Pembentang, juga Pembawa Baki.

Pengumuman resmi baru dilakukan beberapa menit sebelum upacara dimulai. Sampai detik ini, semua calon Paskibraka 2017 diberi kesempatan untuk dilatih guna mendapatkan posisi “penting” tersebut. Saat ini beberapa calon memang mendekati kriteria. Tetapi pemilihan ini bukan hanya sebatas penilaian baris berbaris dan penampilan calon pembawa baki, tetapi juga terkait perilakunya selama mengikuti latihan.

Terpilih menjadi anggota Paskibraka tentu menjadi kebanggaan tersendiri, untuk mendapatkannya pun tidak mudah banyak serangkaian seleksi yang harus dilalui. Pastinya seorang Paskibraka memiliki impian untuk dapat mengibarkan sang merah putih di Istana Merdeka.

 

Penulis : Helda Euis

Pelajar : SMKN 1 Lemahabang

Sumber :

http://www.tatangsobandi.com/2016/08/persiapan-perayaan-hari-kemerdekaan-17.html

http://news.liputan6.com/read/3054284/latihan-gabungan-untuk-menilai-calon-pembawa-baki-paskibraka-2017

 

Shares
Share This