Waspadai berbagai serangan penyakit saat musim hujan

Cirebonmedia.com- mendekati perayaan akhir tahun, senantiasa ditandai dengan musim hujan yang merata di berbagai wilayah Indonesia. Dengan intensitas turunnya hujan yang semakin sering membuat aktifitas setiap orang menjadi terbatas, selain itu pergantian musim seperti saat sekarang ini membuat ketahanan tubuh seseorang akan semakin rentan akan serangan penyakit. Oleh karena itu waspadai berbagai serangan penyakit saat musim hujan dengan cara-cara berikut ini.

Pergantian musim seperti saat sekarang ini membuat ketahanan tubuh seseorang akan semakin rentan akan serangan penyakit.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mencegah serangan penyakit saat musim hujan, ada baiknya apabila kita terlebih dahulu memahami potensi jenis penyakit apa saja yang sering menyerang saat musim hujan khususnya di Indonesia.

Image by: www.google.com
  1. Diare

Penyakit yang satu ini ditandai dengan kondisi buang air besar dengan frekuensi yang sering, serta perubahan bentuk feses yang cair atau encer. Biasanya hal ini ditimbulkan karena konsumsi makanan atau minuman yang sudah terjangkit oleh bakteri atau kuman penyakit. Bakteri yang biasa menjadi penyebab diare adalah E. coli, salmonella, shigella, dan cholera.

  1. Influenza

Penyakit influenza atau biasa disebut flu ditandai dengan kondisi tubuh yang tidak nyaman seperti demam, rasa kedinginan hingga menggigil, batuk pilek, nyeri pada tenggorokan,  nafsu makan menurun dan rasa ngilu atau nyeri pada otot. Penyakit ini dibawa oleh virus influenza yang dapat menular melalui cairan tubuh seseorang lewat  mulut, hidung dan sentuhan tangan.

  1. Leptospirosis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira ini disebarkan melalui kotoran, air kencing dan darah binatang yang terjangkit oleh bakteri tersebut. Binatang yang paling sering terjangkit yaitu tikus selain itu binatang piaraan seperti anjing, kucing, sapi dan babi juga dapat terjangkit. Biasanya dikarenakan kondisi hujan yang terus menerus menyebabkan terjadinya banjir dan kotoran binatang tersebut terbawa oleh banjir dan menjangkiti manusia. Apabila manusia yang terjangkit oleh penyakit ini akan ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah-muntah, tubuh menggigil, nyeri dan sakit pada otot betis dan sakit perut. Kasus terparah yang bisa disebabkan oleh penyakit ini apabila tidak segera ditangani adalah gangguan hati, gagal ginjal, meningitis hingga kegagalan pernapasan.

  1. Tifus /Tifoid

Merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena seseorang memakan makanan yang tidak bersih dan terjangkit oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, sakit perut, sakit kepala, gangguan buang air besar dan diare. Penyakit ini dapat sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani karena bagi pengidapnya dapat mengakibatkan gangguan komplikasi seperti halnya meningitis, pneumonia, infeksi hati dan kandung empedu, sampai dengan gangguan pada ginjal dan katup jantung.

  1. Demam berdarah dan Malaria

Penyakit Demam berdarah dan Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pada manusia. Pada demam berdarah nyamuk yang menggigit manusia tersebut membawa virus Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Sedangkan pada malaria ditularkan oleh nyamuk Anopeles yang telah terjangkit oleh parasit Plasmodium. Pada demam berdarah orang yang terjangkit akan mengalami demam tinggi dan sakit pada sekujur tubuh, apabila tidak segera ditangani dengan cepat maka dapat mengakibatkan gangguan komplikasi yang mengarah pada kebocoran plasma dan pendarahan fatal pada pembulu darah yang berujung pada kematian.

Pada malaria gejala yang timbul pada seseorang yang telah terjangkit akan menderita demam hingga menggigil, sakit kepala sampai dengan muntah-muntah dan nyeri disekujur otot tubuh, apabila tidak segera ditangani maka dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Kedua penyakit ini banyak terjadi ketika musim hujan dikarenakan tipikal nyamuk Aedes Aegypti dan Anopeles seringkali berkembang biak di genangan air pada barang-barang ataupun tempat yang terkena hujan.

Itulah beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang ketika terjadinya musim hujan khususnya di wilayah Indonesia.  Untuk itu kita perlu mewaspadai sejak awal agar tidak mudah terserang penyakit – penyakit tersebut. Beberapa cara dapat kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit musim hujan ini dengan langkah berikut.

  1. Menjaga pola hidup sehat

Hindari kebiasaan merokok serta tidur larut malam, karena hal tersebut dapat mengurangi ketahanan tubuh kita sehingga mudah untuk terserang penyakit. Usahakan untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, karena dengan berolah raga akan menjaga tubuh kita agar selalu fit dan bugar. Dalam kondisi hujan anda dapat melakukan olah raga didalam ruangan seperti halnya pushup ataupun sit up.

  1. Menjaga asupan makanan

Pergantian musim yang terjadi seperti saat sekarang ini membuat tubuh kita untuk melakukan fase adaptasi terhadap kondisi lingkungan yang terjadi. Dalam melalui fase akan mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh kita menjadi menurun dan gampang terserang penyakit, oleh sebab itu dibutuhkan asupan makanan yang baik demi menjaga kestabilan tubuh kita. Pilihlah makanan dalam hal ini buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung Vitamin C, karena dapat mempercepat dan menjaga proses kestabilan imun kita.

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Di masa penghujan seperti sekarang ini, cenderung membuat kebutuhan akan meminum air mineral seseorang menjadi menurun. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang dingin ketika turun hujan, membuat rasa haus kita berkurang. Dengan tidak terpenuhi konsumsi cairan yang cukup proses mencerna makanan akan menjadi tidak maksimal dan hal ini membuat kekebalan tubuh kitapun menjadi menurun, oleh sebab itu sebaiknya biasakan penuhi kebutuhan cairan kita sedikitnya 1,5 liter air mineral dalam satu hari.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Dengan curah hujan yang tinggi seperti hal ini sekarang ini membuat kebersihan lingkungan kita semakin kotor, karena tingkat kelembaban yang tinggi dan sisa genangan air hujan. Apabila tidak dibersihkan maka akan terkontaminasi dari berbagai jenis penyakit dan dapat menjangkiti kita. Oleh karenanya segera rapihkan barang-barang yang tidak terpakai dan jauhkan atau tutup rapat agar tidak terjadi genangan air saat hujan, selain itu juga segera perbaiki sistem drainase dilingkungan kita agar tidak berpotensi banjir.

  1. Antisipasi saat keluar rumah

Sebelum kita melakukan aktifitas diluar rumah, sebaiknya dimusim hujan seperti sekarang ini kita mempersiapkan peralatan seperti jas hujan, payung, baju hangat dan sepatu boots agar tubuh kita tidak basah dan suhu tubuh kita tetap terjaga. Biasakan untuk memperhatikan kebersihan diri setelah kita keluar rumah seperti hal nya mencuci tangan dan kaki dengan sabun agar terhindar dari serangan penyakit yang berasal dari luar. Apabila anda kehujanan sebaiknya sesegera mungkin untuk mandi dan membilas kepala dengan bersih kemudian minum-minuman hangat untuk mengembalikan suhu tubuh kita tetap stabil.

Diambil dari berbagai sumber : www.google.com

 

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This