Cirebonmedia.com- Kemajuan teknologi yang sangat pesat dimanfaatkan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab, saat ini penipuan tidak hanya berkedik SMS para penipu saat ini tidak segan-segan menelpon korbannya dengan tutur kata yang sangat meyakinkan, penipuan bermodus memenangkan undian dengan mengatasnamakan operator seluler tidak hanya meresahkan pelanggan telepon seluler, namun juga merugikan operator aslinya.

Penipuan menggunakan model telepon biasa nya menjerat dan meyakinkan korbanya sebagai pemenang suatu undian provider dengan cara meminta korban untuk pergi ke atm terdekat untuk mengkonfirmasi hadiah. Penipu tidak meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang melainkan menyuruh korbanya untuk memaskan nomor telepon nya kedalam SMS, mobile dan internet banking. Dengan kata sandi sesuai dengan apa yang dikatakan penipu. Bapak Supriyadi salah satu kepala toko sebuah minimarket pernah terjerat kasus penipuan dengan modus seperti itu, saldo atm saya berkurang 1.000.000 rupiah setelah saya konfirmasi kepada bank tempat saya menyimpan uang , Saldo Atm saya hilang terpakai untuk pembelian pulsa selama 10 hari terakhir, meski saya telah meminta mengusutnya tapi tidak ada kejelasan atau tindakan dari bank tersebut.

Dilansir dari berita news. Saking banyaknya penipuan, saat ini masyarakat banyak yang tidak merespons jika ada pesan yang mengumumkan pemenang. Hal itulah yang membuat operator seluler kerepotan untuk meyakinkan pemenang.

Regional sales Manager XL Semarang Eka Dwidasa Kornia mengatakan, kondisi ini pernah terjadi di Semarang ketika ada pemenang mobil Mazda 2 bulan Oktober lalu. Pihaknya harus meyakinkan berkali-kali kepada pemenang undian.

SMS dari nomor 817 itu ternyata tidak direspons oleh pemenang yang berada di daerah Candi, Semarang. Pihak XL juga sudah berusaha menghubungi pemenang hingga lima kali dan ternyata hasilnya sama saja.

“Pemenang baru yakin setelah kita datangi rumahnya,” ujar Eka.

Pihak XL akan berusaha meyakinkan pemenang dalam undian yang diselenggarakannya, bahkan jika harus mendatangi rumah pemenang malam-malam karena hari berikutnya bakal langsung diadakan serah terima hadiah.

Jika XL mengadakan undian, lanjut Eka, maka pemenang akan dihubungi oleh 817 dan yang pasti tidak dipungut biaya. Oleh karena itu, pelanggan diimbau agar berhati-hati jika mendapatkan SMS penipuan atas nama operator selul

Eka pun memberikan solusi yaitu jika ada SMS mengatasnamakan XL, maka bisa langsung mengkonfirmasi ke 817 atau datang ke XL Center di kota masing-masing. Hal yang patut dicurigai adalah jika isi SMS meminta agar menghubungi pihak-pihak tertentu yang bukan institusi atau tidak jelas.

Masyarakat menghimbau kepada penyelenggara undian berhadiah agar jika mereka mendapatkan hadiah pihak terkait mendatangi rumah pemenang agar dikemudian hari tidak terjadi lagi kadus penipuan lainya.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Cirebon Media, Google.com

196 Total Views 1 Views Today