Harga Bahan Bakar Minyak Masih Stabil

Cirebonmedia.com- Bahan Bakar Minyak Kini Merupakan kebutuhan yang sangat penting, hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki kendaraan bermotor, rata-rata kebutuhan penggunaan bahan bakar normal Sepeda motor masyarakat Cirebon adalah 1.5 Liter perhari. Survei diambil oleh reporter Cirebon Media di beberapa SPBU Di daerah Cirebon

Rencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memutuskan untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak hingga 1 Januari 2016. Dan memungkinkan untuk menurunkan Harga Bahan bakar Seperti Premium dan solar di awal tahun 2016 disambut baik oleh beberapa lapisan masyarakat.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I GN Wiratmaja Puja mengatakan, tidak berubahnya harga BBM hingga 1 Januari 2016 lantaran pemerintah memutuskan untuk mengubah mekanisme evaluasi harga BBM dari sebelumnya per enam bulan menjadi per tiga bulan.

Atas dasar itu, harganya baru akan dievaluasi kembali pada Januari tahun depan. Parameter pengukuran harga BBM dihitung melihat harga mean of platts Singapore MOPS kurs dolar Amerika Serikat USD pajak, hingga biaya transportasi pendistribusian harga BBM ke seluruh Indonesia.

“Dengan mempertimbangkan semua aspek, maka pemerintah menetapkan harga akan dievaluasi per tiga bulan. Jadi 1 Oktober nanti sampai 1 Januari baru akan dievaluasi lagi. Per tiga bulan,” katanya di gedung Ditjen Kelistrikan Kementerian ESDM,

BBM 500X500 Formula yang dipakai dalam menetapkan harga ini menggunakan rerata MOPS USD66,71 per barel untuk premium dan USD61,26 per barel. Sementara untuk kurs, pemerintah mematoknya dengan rata-rata kurs Rp13.708 per USD.dilansir dari Sindo.

Namun, pemerintah memutuskan untuk tidak mengubah harganya hingga tiga bulan ke depan demi menjaga stabilitas perekonomian di Indonesia. Selain itu juga untuk memberikan kepastian kepada pelaku usaha terkait harga BBM tersebut.

Bisa dikatakan untuk beberapa bulan kedepan ekonomi Indonesia akan stabil dengan tidak dinaikkannya harga bahan bakar minyak. Serta hal tersebut akan menciptakan kondisi pasar yang baik pada masyarakat karena bahan bakar minyak yang memiliki potensi untuk merubah semua harga pada dunia usaha masih aman.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Google.com

Shares
Share This