2 SPOT INSTAGRAMABLE CIREBON PALING WOW

Cirebon menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang cukup di kenal. Letaknya di Pantai Utara Jawa menjadikannya sebagai salah satu kota akses utama di Pulau Jawa. Tentu setiap korta punta spot-spot wisata yang menawarkan pemandangan yang menarik. Begitu pula dengan Cirebon.

Meski belum menjadi salah satu kota tujuan utama wisata di Indonesia, bukan berarti Cirebon tak punya tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi. Ada banyak tempat Instagramable yang layak kamu kunjungi saat ke Cirebon lho!

Namun ada 2 tempat yg paling wow, tempat ini sering dikunjungi oleh para Instagramable  yaitu gua sunyarangi dan pantai Pantai Tirtamaya. Berikut adalah penjelasan singkat tempat itu.

  1. Gua Sunyarangi

Gua Sunyaragi. Sumber: pintuwisata

Gua Sunyaragi adalah sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon di mana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebgaai Tamansari Sunyaragi. Nama “Sunyaragi” berasal dari kata “sunya” yang artinya adalah sepi dan “ragi” yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Kompleks tamansari Sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh taman lengkap dengan kolam. Bangunan gua-gua berbentuk gunung-gunungan, dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air. Bagian luar kompleks aku bermotif batu karang dan awan. Pintu gerbang luar berbentuk candi bentar dan pintu dalamnya berbentuk paduraksa.

Induk seluruh gua bernama Gua Peteng (Gua Gelap) yang digunakan untuk bersemadi. Selain itu ada Gua Pande Kemasan yang khusus digunakan untuk bengkel kerja pembuatan senjata sekaligus tempat penyimpanannya. Perbekalan dan makanan prajurit disimpan di Gua Pawon. Gua Pengawal yang berada di bagian bawah untuk tempat berjaga para pengawal. Saat Sultan menerima bawahan untuk bermufakat, digunakan Bangsal Jinem, akan tetapi kala Sultan beristirahat di Mande Beling. Sedang Gua Padang Ati (Hati Terang), khusus tempat bertapa para Sultan.

  1. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya. Sumber: Aisyafira

Pantai Tirtamaya adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, pantai ini berada di Kecamatan Juntinyuat. Pantai ini sangat populer di wilayah Kabupaten Indramayu, untuk transportasi menuju pantai ini kita bisa menggunakan mobil, motor, dan kendaraan lainnya, untuk biaya masuk Pantai Tirtamaya tidak dikenakan biaya apapun, kecuali fasilitasnya.

Pantai Tirtamaya memiliki pemandangan laut yang sangat Indah, gerakan ombak yang begitu khas dan juga keindahan matahari terbenam, dengan lautnya yang dangkal, beragam anemon laut. Pantai Tirtamaya memiliki luas pantai kurang lebih 50 meter dari setelah pantai, dan masih bisa dengan berjalan kaki untuk menyusurinya. tetapi tidak banyak orang yang menyusurinya menggunakan sepeda. Pantai Tirtamaya memiliki beberapa fasilitas yaitu ban, tempat bilas, warung-warung, pemandian, sewa perahu.

 

Sumber: Wikipedia

Shares
Share This