Tips dalam Memulai dan Menjalani Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah salah satu kategori dalam program penghargaan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang diselenggarakan oleh PT Astra International Tbk sejak tahun 2010. Hal ini juga sejalan dengan salah satu poin yang terkandung dalam 4 pilar utama Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh Grup Astra.

SATU Indonesia Awards yang sudah berjalan selama 9 tahun telah banyak memunculkan sejumlah generasi muda Indonesia dengan semangat memajukan masyarakat melalui karya mereka dalam berwirausaha. Sejumlah kisah inspiratif menjadi bahan bakar yang memacu pemuda pemudi lainnya untuk berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi pembangunan bangsa dan negara. Salah satu hal yang menjadi inspirasi dari para penerima penghargaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah beberapa tips dalam memulai bisnis yang tidak hanya menguntungkan namun juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Dalam rangkaian acara ulang tahun Astra ke-60 di Surabaya pada tahun 2017 yang lalu, beberapa penerima apresiasi SATU Indonesia Awards dan sejumlah wirausaha muda sukses dihadirkan untuk menginspirasi generasi muda lainnya. Mereka tidak hanya bercerita tentang suka duka menjalani usaha yang ditekuni, namun juga dengan senang hati berbagi tentang hal-hal yang penting untuk menjadi perhatian para pemula. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Kembangkan sikap seorang wirausaha, siapapun bisa sukses dalam menjalani sebuah usaha.
2. Gali ide sebanyak mungkin, mulai peka terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat.
3. Tidak ragu untuk mewujudkan berbagai ide usaha yang dimiliki. Lakukan!
4. Tetap fokus pada usaha yang sudah kita mulai, sekalipun banyak gangguan yang harus dihadapi.
5. Menjaga komitmen yang sudah terbentuk.
6. Carilah rekan kerja dan tim yang memiliki kesamaan visi dalam usaha yang dijalani.
7. Terus belajar. Jangan cepat puas dengan segala bentuk pencapaian. Jangan menyerah dengan segala bentuk kekalahan.
8. Perbanyak Networking. Menambah teman jauh lebih baik daripada menciptakan lawan.

SATU Indonesia Awards kembali diselenggarakan pada tahun 2018. Saatnya para wirausaha muda yang memiliki idealisme bermanfaat bagi masyarakat untuk melangkahkan karyanya lebih jauh lagi. Mari ikut serta dalam SATU Indonesia Awards 2018!

Penulis : Mohammad Riyanto

Shares
Share This