Ciri-ciri Seseorang Kecanduan Game Online

Tidak semua orang yang bermain game online masuk dalam kategori kecanduan. Bermain game online bisa sebagai cara untuk bersenang-senang, menghilangkan stres, atau mengisi waktu luang.

“Kita tidak boleh mengatakan bahwa semua yang memainkan game dikatakan kecanduan atau gangguan mental”, tutur praktisi kesehatan jiwa dari Departemen Psikiatri FKUI Jakarta, Kristiana Siste mengutip rilis Sehat Negeriku dari Kementerian Kesehatn.

Itu sebabnya penting mengetahui kategori yang mana sekadar hiburan atau sudah kecanduan game online.

Beberapa waktu lalu World Health Organizations (WHO) menetapkan kecanduan game atau game disorder ke dalam versi terbaru International Statistical Classification of Diseases (ICD) sebagai gangguan mental untuk pertama kalinya. Dalam versi terbaru ICD-11, WHO menyebut bahwa kecanduan game merupakan disorders due to addictive behavior atau gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan.

Kriteria seseorang kecanduan game online

Ciri seseorang kecanduan game online
Ciri Orang Kecanduan game foto : hallosehat.com

Sistem menerangkan seseorang disebut mengalami kecanduan game online bila memenuhi kriteria yang telah ditetapkan WHO, yaitu adanya perilaku berpola dengan karakteristik sebagai berikut:

1) Ada gangguan kontrol untuk melakukan permainan tersebut (tidak dapat mengendalikan diri).

2) Lebih memprioritaskan memainkan permainan tersebut dibandingkan dengan aktivitas yang seharusnya lebih diutamakan.

3) Intensitasnya semakin meningkat dan berkelanjutan meskipun ada konsekuensi atau dampak negatif yang dirasakan.

4) Perilaku berpola tersebut menyebabkan gangguan yang bermakna pada fungsi pribadi, keluarga, sosial, pendidikan dan area penting lainnya.

5) Pola tersebut sudah berlangsung selama 12 bulan.

Bila seseorang sudah sampai tahap kecanduan biasanya menunjukkan gejala putus perilaku, yakni apabila dihentikan kesenangannya (bermain game) maka akan timbul energi negatif, mulai dari kesal, marah-marah, mengacam orang lain, bahkan menyakiti diri sendiri.

Sumber : Liputan6.com
Penulis : Ryan