Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mempercepat Penuaan

Penuaan memang suatu hal yang tidak bisa dihindari, namun itu juga tergantung pada gaya hidup dan kebiasaan yang bisa mempercepat penuaan itu terjadi.

Penuaan bukan hanya terjadi pada wajah. Sel-sel dalam tubuh juga mengalami penuaan yang mengakibatkan resiko penyakit pada tubuh.

Sebelum terlambat, ketahuilah penyebab-penyebab yang mempercepat penuaan itu muncul lebih cepat dari usia yang seharusnya.

Penyebab yang mempercepat penuaan

1. Kurang tidur

Tidur mempengaruhi kadar kelembapan kulit. Sehingga, kurang tidur menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam dan menua akibat kurangnya kelembapan pada kulit dan berkurangnya kadar pH. Kurangnya kadar pH juga menyebabkan kulit terlihat kemerahan sehingga banyak jerawat muncul. kurang tidur juga menyebabkan munculnya kantung mata. Tidak mendapat cukup tidur dapat meningkatkan resiko kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung.

2. Menggunakan sabun mandi untuk wajah

Mencuci wajah dengan menggunakan sabun mandi dapat berdampak buruk. Karena kulit badan dan wajah memiliki sensitivitas yang berbeda sehingga untuk membersihkannya pun harus dibedakan. Umumnya sabun mandi mengandung banyak bahan-bahan kimia seperti kandungan petroleum, synthetic chemical, dan petrochemical yang dapat merusak kulit wajah. Sedangkan sabun untuk muka mengandung berbagai macam minyak yang terbuat dari lemak hewan. Sabun mandi mengandung senyawa kimia yang terlalu keras untuk kulit wajah sehingga sel kulit pun menjadi rusak dan rentan berjerawat.

3. Tidak menggunakan tabir surya

Paparan sinar UV yang terus menerus akan merusak jaringan kolagen kulit. Jaringan kolagen adalah jaringan ikat yang berperan untuk mengencangkan kulit. Sinar UV mudah untuk merusak pertahanan jaringan ini, akibatnya kulit akan tampak lebih kendur, terlihat keriput, dan tampak lebih tua dari usia seharusnya.

4. Tidak berolahraga

Tubuh yang tidak pernah di pakai untuk berolahraga akan cenderung lebih mudah mengalami penuaan. Olahraga mencegah penuaan dini bukan hanya pada wajah, tapi hampir pada seluruh organ tubuh. Dalam beberapa kasus, organ tubuh bahkan menjadi lebih baik dengan berolahraga. Secara keseluruhan penelitian mencatat bahwa latihan dan olahraga rutin dapat memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap semua otot dan pengerutan otak, bahkan mencegah berubannya rambut. Contoh olahraga yang bisa dilakukan dan banyak manfaatnya adalah yoga dan jogging.

Penulis : Nisa

Shares
Share This