Sabtu, 15 Juli 2017 merupakan hari bersejarah bagi PB Kelabang. Pasalnya baru kali itu penampilan mereka disandingkan dengan Panji sang penakluk. Hadirnya Panji tentu saja menjadi buah bibir sekaligus pelebur isu di tengah masyarakat yang mengira bahwa Panji telah tewas akibat dicabik komodo saat shoting di Pulau Komodo, bahkan Shandy sebagai pengurus PB Kelabang pun baru menyadari kalau dirinya juga salah satu korban hoax tersebut.

 

Penampilan Barongsai vs Panji Sang Penakluk

 

Ada dua event yang dihadiri oleh mereka di hari itu, yakni pukul 13.00 di tempat wisata JNJ dan pukul 16.00 pada pembukaan SMK Penerbangan. Kedua tempat tersebut terletak di Kuningan, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari Shandy bahwa penampilan PB Kelabang bersama Panji tanpa latihan sekalipun dan merupakan pertemuan yang pertama kalinya.

“Penampilan pertama dan kedua dengan Panji agak sulit. Panji bawa ular, khawatir anak-anak barongsai kena gigit ular, tapi Alhamdulillah ke sananya mudah. Saya sangat terkesan dengan Panji dan Panji kan sempat dikabarkan sudah meninggal, tapi anak-anak sekarang tahu kalau ternyata masih hidup,” ujar Shandy.

Hadirnya PB Kelabang di tengah masyarakat Ciawi, Kuningan menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya belum pernah ada penampilan barongsai di sana dan penampilan Shandy cs menjadi awal perkenalan yang baik, sehingga masyarakat dapat mengetahui ragam kesenian yang ada di wilyahnya.