Aksi Unjuk Rasa Angkutan Kota agar Transportasi Online Dihentikan

Cirebon Media – Selasa, 15 Agustus 2017, hari ini seluruh sopir angkot di Kota Cirebon gelar aksi mogok massal dan mengadakan aksi unjuk rasa terkait adanya transportasi online  di depan Balaikota dan Kantor DPRD Kota Cirebon.

Dalam aksinya, para sopir angkot tersebut mendesak Pemerintah Kota Cirebon agar menutup usaha transportasi online. Sayangnya, aspirasi mereka tidak terlaksana dikarenakan walikota Cirebon tidak ada di kantornya karena ada agenda lain.

Menurut mereka dengan adanya transportasi online tersebut dianggap merugikan penghasilan mereka dan membuat para sopir angkot sulit untuk mengejar setoran. Dari yang biasanya memperoleh penghasilan sebesar Rp50 hingga 70 ribu, tetapi sekarang semakin menurun.

Di zaman yang semakin canggih membuat masyarakat lebih memilih yang instan dengan beralih ke transportasi online sehingga membuat jumlah penumpang angkot menjadi semakin sepi.

Muncul berbagai pendapat dari masyarakat akibat tidak adanya angkot yang beroperasi hari ini. Banyak yang beranggapan dengan tidak adanya angkot beroperasi, jalanan menjadi lengang dan tidak macet. Tetapi tidak bagi para pelajar yang sehari-harinya menggunakan angkot, menyayangkan adanya mogok operasi angkot mereka akan kesulitan untuk pergi sekolah.

Merespons hal tersebut, Kepolisian, TNI, dan Pemerintah Daerah mengerahkan sejumlah kendaraan untuk mengantar pelajar, mahasiswa dan warga yang terlantar akibat aksi mogok tersebut. Sejak pukul 06.00 WIB Polres Cirebon Kota mengantisipasi dampak aksi mogok massal ini dengan mengerahkan armadanya.

“Untuk antisipasi dampak mogok angkutan umum, kami dari jam 06.00 WIB sudah menyiapkan 2 truk Dalmas, 1 bus, serta seluruh kendaraan patroli roda 2 dan roda 4, dibantu kendaraan operasional dari Kodim 0614, Arhanud, Brimob dan Angkatan Laut yang disebar di titik-titik strategis Kota Cirebon,” kata Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar.

Penulis : Euis Helda

Pelajar : SMKN 1 Lemahabang

Sumber :

http://www.cirebontrust.com/ratusan-sopir-angkot-unjuk-rasa-minta-transportasi-online-ditutup.html

http://www.cirebontrust.com/tolak-transportasi-online-sopir-angkot-cirebon-belum-layak.html

Shares
Share This