KOREM 063/SGJ Mengadakan Pameran ALUTSISTA DI Alun – alun Kejaksaan Kota Cirebon

Cirebonmedia.com– Komando Resort Militer 063/Sunan Gunung Jati atau Korem 063/Sunan Gunung Jati adalah hasil reorganisasi dari Resimen Infanteri 9/C yang pada tahun 1960 berdasarkan SKEP No 81/P/2/1960 diubah menjadi Korem 063/Sunan Gunung Jati. Wilayah nya meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang. Saat ini markas Korem 063/ Sunan Gunung Jati ini berada di jalan Brigjen Darsono By Pass Kota Cirebon, tepatnya depan Toserba  Giant.

Pada tanggal 13 Desember 2015 kemarin, Korem 063/Sunan Gunung Jati menggelar pameran alat utama sistem persenjataan ALUTSISTA atau Alat Utama Sistem Pertahanan. di Lapangan Alun – Alun Kejaksaan Kota Cirebon, Jawa Barat, dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika 2015. Selain untuk memperingati Hari Juang Kartika, acara ini juga bertujuan untuk memdekatkan TNI AD dengan masyarakat. “Pameran ALUTSISTA ini digelar secara serentak di Jawa dan Bali, tujuan nya untuk lebih mendekatkan diri antara TNI dengan masyarakat. Dalam pameran ini, kami bersama jajaran Korem dinas jawatan, Arhanudse-14, Kodim Sumber, Kodim Kota Cirebon, Denkes, dan Denpom akan memamerkan senjata pertahanan yang dimiliki,” ujar Kapenrem, Mayor Arh Ismail.

IMG_0460Dalam  Hari Juang Kartika yang jatuh pada tanggal 15 Desember, akan dipamerkan ALUTSISTA mulai dari meriam 57 meter S 60, senjata laras panjang, dan alat pertahanan lainnya. Namun , ada satu senjata yang paling menyita perhatian pengunjung, yaitu senjata pertahanan udara Meriam 57 MM/ S 60 tanpa Akt, yang dibuat pada tahun 1950 oleh negara Rusia. Senjata tersebut mempunyai kemampuan menembak hingga jarak maksimal 12 km

Dalam acara ini masyarakat juga bisa melihat secara langsung kehebatan ALUTSISTA yang dipamerkan, dan bisa menyanyakan secara langsung tentang kegunaan dan manfaat senjata tersebut. Selain itu ada beberapa senjata yang boleh dinaiki oleh masyarakat, seperti tank. Acara ini akan diadakan sampai tanggal 16 Desember 2015.

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media

Shares
Share This