Menjadikan Tantangan Karier Sebagai Peluang

Pernahkah kamu mendapatkan tugas yang menurutmu berat dan sulit untuk dilaksanakan? Atau, pernahkah kamu menghadapi problem pribadi atau dengan lingkungan, yang mengharuskan kamu mengerahkan segala kemampuan dan sumber daya yang ada?

Tantangan, rintangan, hambatan atau apapun namanya tak bisa dipungkiri merupakan salah satu obat pahit dalam perjalanan hidup manusia. Namun, kondisi ini dapat diibaratkan sebagai pohon dengan buah paling manis dan bunga paling indah jika dimanfaatkan atau bahkan ditaklukan.

Kalau kamu membaca biografi orang-orang sukses, kamu akan tahu kalau mereka berhasil dalam karier karena mereka mampu menaklukan tantangan. Nah, apa yang harus kamu lakukan agar tantangan yang kamu hadapi menjadi peluang yang membuat kamu sukses? Kurang lebih inilah tipsnya.

Jadilah QI (baca : key) Person

Jadilah pribadi yang selalu memberikan hal terbaik dan solusi (kunci), entah itu di rumah, kantor, lingkungan sosial, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi dasar karena dengan menjadi individu kunci seperti ini keberadaan kamu akan selalu membuat lingkungan menjadi positif dan penuh warna.

Yakin pada Diri Sendiri

Ada pepatah ‘tidak peduli seribu orang percaya terhadap dirimu, tetapi jika tidak percaya terhadap diri sendiri maka tidak akan ada artinya’. Pepatah tadi menjelaskan bahwa kamu harus selalu meyakini bahwa hal-hal yang baik akan datang setiap hari melalui berbagai cara. Kamu juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan memiliki citra diri positif, menerima kekurangan diri apa adanya dan menghargai sekecil apapun potensi yang dimiliki.

Berjiwa Besar

Setiap manusia memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Setiap orang punya ‘cawan yang penuh air’ yang besarnya berbeda-beda. Jika musibah dan cobaan hidup lainnya diilustrasikan seperti garam, maka bagi orang yang memiliki cawan sebesar mangkuk akan kepahitan jika diberikan garam segenggam. Tetapi bagi mereka yang memiliki cawan seluas sebuah danau, maka garam segenggam pun tidaklah berarti apa-apa.

Maka dari itu, terimalah semua masalah dengan besar hati, karena penerimaan seperti ini akan membuat langkah dan hati kamu ringan untuk menghadapinya.

Berdayakan Kecerdasanmu

Jika satu cara gagal membuat kamu menaklukan tantangan, jangan menyerah. Teruslah untuk mencari solusi terbaik, buka semua peluang kesempatan. Jangan pernah mengatakan “tidak mungkin” jika kamu belum pernah berupaya maksimal. Cobalah untuk katakan “mungkin!” maka semua peluang dan kesempatan akan datang menghampirimu tanpa diduga.

Penulis : Afip Maulana
Sumber : viva.co.id

Shares
Share This