Kue Sus Yang Memiliki Cita Rasa Menggoda

Cirebonmedia.com– Makanan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia dan melalui perkembangan zaman, banyak sekali menu makanan baru yang diciptakan oleh manusia untuk memperoleh cita rasa baru. Dalam perkembangannya juga kuliner mulai merambah dunia bisnis.

Kue merupakan salah satu kuliner yang berkembang pesat, banyak sekali kreasi baru dikembangkan oleh para chef. Dan kue berbentuk bulat dengan tekstur lembut yang memiliki rasa manis yang dikenal dengan kue sus mulai menjadi idola bagi masyarakat.

sejarah kue sus, pada tahun 1540 seorang pastry chef yang bernama Pantanelli menemukan adonan, tujuh tahun setelah ia bersama dengan Catherine de ‘Medici dan seluruh tim nya meninggalkan Florence. Dia menggunakan adonan untuk membuat gâteau lalu menamakannya pate Pantanelli. Seiring berjalannya waktu, resep adonan ini berkembang dan namanya berubah menjadi pate Popelin, yang digunakan untuk membuat Popelins atau kue yang berbentuk seperti payudara wanita. Lalu, Pada abad 18 seorang chef bernama Avice menciptakan kue yang disebut Choux Buns, dan nama adonan beruban menjadi pate Choux. Kue ini berbentuk mirip kubis. Dari sana, Antoine Carême membuat modifikasi resep, sehingga resep tersebut digunakan terus hingga sekarang.

Kue sus dalam bahasa Belanda adalah soes, kue ini berbentuk bundar yang diberi rongga untuk diisi fla , custard, atau daging. Kue sus dengan isi fla atau custard harus didinginkan dahulu di dalam lemari es, karena jika tidak didinginkan dahulu fla atau custard yang dibuat dari susu akan mudah basi.

Adonan kue sus berbeda dengan adonan bolu, yang biasanya adonan bolu didapat dari mengocok telur dan mentega dengan gula. Adonan kue sus dibuat dari tepung terigu yang dicampurkan kedalam air yang dimasak dengan margarin hingga mendidih

Satu per satu tambahkan telur ayam ke dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket. Adonan kue ini tidak perlu menggunakan bahan pengembang seperti soda kue atau baking powder. Mixer atau alat pengocok kue hanya digunakan agar kue mengembang lebih bagus sewaktu dipanggang dalam oven.

kue sus angsa 500X500Suhu oven yang digunakan untuk memanggang kue sus harus panas 220 derajat celcius, karena suhu panas oven akan mengubah kadar air di adonan menjadi uap. Telur di dalam adonan akan membentuk kerangka kue yang tipis, dan uap yang terperangkap di dalam adonan akan membuat rongga di bagian dalam kue. Adonan yang hampir sama dengan kue sus digunakan untuk membuat kue-kue sejenis antara lain croquembouche, eclair, beignet, dan gougère.

Sekarang banyak berkembang beberapa modifikasi kue sus, sehingga bentuk kue ini bervariasi dan tidak lagi bulat, ada kue sus yang sudah dibentuk menjadi bentuk Angsa juga, dan ada juga dalam bentuk kering atau juga basah.

 

 

Image By: Google.com

Oleh: Sigit.P

Shares
Share This