Selamat Datang IOS 9

Cirebonmedia.com– Apple pada tanggal 16 September 2015 telah meluncurkan IOS 9 untuk iPhone, iPad dan iPod Touch. Pada iOS versi terbaru ini, Apple menambahkan beberapa fitur baru dan memperbaiki beberapa fitur lainnya. Tetapi OS Apple terbaru ini tidak semua bisa diinstal oleh iDevice hanya menjangkau beberapa saja seperti pada iPad : iPad 2, iPad 3rd gen, iPad 4th gen, iPad Air, iPad Air 2, iPad mini, iPad mini 2, iPad mini 3, pada iPhone: iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 plus, iPhone 6s, iPhone 6s plus, dan pada iPod: iPod Touch 5th gen

Pada IOS 9 ini banyak sekali yang patut kita ketahui karena banyak orang yang terkejut saat Apple mengurangi kapasitas baterai yang ada pada iPhone 6S dan 6S Plus. Meskipun begitu, Apple mengklaim bahwa efisiensi daya pada iOS 9 akan membuat baterai dari kedua iPhone terbaru tersebut bertahan cukup lama.Satu hal yang menarik adalah karena Apple menyebutkan bahwa iOS 9 akan membuat baterai iPhone, iPad dan iPod generasi lama bertahan lebih lama. Mereka memberi contoh bahwa dengan iOS 9, iPhone akan dapat bertahan 1 jam lebih lama.

Selain efisiensi daya, Apple juga menambahkan satu fitur baru pada iOS 9, yaitu power saving mode. Mode ini akan sangat berguna saat Anda perlu menghemat daya gadget Anda. Sekali lagi, Apple menjadikan iPhone sebagai contoh. Mereka menyebutkan bahwa mode ini akan membuat iPhone bertahan 3 jam lebih lama. Selain itu jika sebelumnya iOS memerlukan memori sebesar 4GB, iOS 9 hanya memerlukan memori sebesar 1,3GB. Dengan begitu, iPhone yang tidak memiliki memori besar akan mendapatkan memori ekstra.

ios9Selain Efesiensi daya dan memori yang lebih kecil, Fitur multitasking telah tersedia untuk Android sejak lama. Dan akhirnya, fitur ini akan tersedia untuk iPad.Apple telah meningkatkan performa Siri. Saat ini, Siri telah mendukung pencarian menggunakan bahasa yang terasa natural untuk manusia. Selain itu, sekarang, pengembang aplikasi juga telah mendapatkan akses ke Siri. Dan hal ini berarti, para pengembang dapat menemukan cara kreatif untuk memanfaatka Siri ke dalam aplikasi mereka. Sama seperti Google Now, Proactive akan mengumpulkan semua konten yang ada pada ponsel Anda sehingga ia akan dapat menunjukkan konten yang Anda butuhkan.Satu hal yang menarik adalah karena Apple menekankan bahwa mereka tidak akan memberikan data Anda ke pihak lain. Mereka bahkan tidak akan menyimpan data Anda di server mereka. Data Anda hanya akan tersimpan di gadget Anda.

Para pengguna iPad akan mendapatkan kemudahan mengetik dengan fitur QuickType pada iOS 9.OS ini kini akan menawarkan saran pengetikan dan opsi autocomplete pada bagian atas keyboard. Selain itu, keyboard pada iOS 9 juga memiliki tombol untuk pintasan seperti potong, salin atau melampirkan berkas.Selain itu Apple berusaha untuk memperbaiki reputasi Apple Maps dengan menambahkan 2 fitur baru. Yang pertama adalah arahan saat menggunakan transportasi umum. Yang kedua Apple juga telah menyediakan peta dari sebuah gedung seperti bandara atau mall. Dan hal ini berarti, bahkan di dalam gedung, pengguna gadget berbasis iOS akan tetap dapat meliihat peta dari bangunan tersebut. Meskipun begitu, peta dalam bangunan ini masih akan sangat terbatas.
Itulah beberapa fitur dari IOS 9 yang telah diperbaharui oleh Apple. Kita sebagai pengguna tentunya patut bangga karena semua keperluan sehari-hari kita bisa lebih dimudahkan oleh adanya teknologi baru. Dan penggunaan gadget secara bijak adalah hal yang terbaik untuk mendukung kemajuan umat manusia dimasa sekarang ini.

 

 

Oleh: Adzan.F

Image By: Google.com

Shares
Share This