Google Dan Nasa Ciptakan Komputer Quantum

Cirebonmedia.com- Sebuah komputer yang bernilai US$ 15 juta atau sekitar Rp 146 miliar, dengan menggunakan prinsip ‘fisika kuantum’ akan segera diinstal di fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Perangkat itu dipakai bersama Google NASA, dan ilmuwan lain. Dengan  itu, mereka bisa mengakses mesin yang 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvensional.

Tidak seperti mesin yang biasa, prosesor D-Wave Two terlihat memanfaatkan sebuah efek yang disebut terowongan kuantum  dan membuatnya bisa menyelesaikan jenis masalah matematika hanya dalam sepersekian detik.Secara efektif, komputer super ini bisa menjadi semua solusi yang mungkin dalam waktu bersamaan.

Google akan menggunakan fasilitas Ames Research Center yang dimiliki oleh NASA yang bertempat di California, agar mengetahui bagaimana komputasi kuantum bisa mengunggulkan teknik belajar mesin dan kecerdasan buatan, termasuk untuk mengenali suara.

Perusahaan Kanada,  D-Wave Systems yang membuat mesin itu, mengundang skeptisisme selama beberpa tahun dari para ahli komputasi kuantum di seluruh dunia. Sampai penelitian diuraikan pada awal tahun ini, sejumlah ahli telah menduga, mesin yang dihasilkan perusahaan itu tak punya bukti menggunakan efek khusus kuantum.

Komputer-Quantum-smallApalagi, komputasi kuantum memanfaatkan perilaku yang ‘aneh’ materi dalam skala kuantum. Komputer kuantum tidak menggunakan bits tetapi qubits (Quantum Bits) Akses kecepatan dari super komputer ini 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvesional.

Jika tidak diwujudkan, “Di masa depan,  20 tahun dari sekarang, kita akan melongok ke belakang dan bertanya mengapa tak ada yang pernah berpikir bahwa ini adalah ide yang bagus,” kata Geordie Rose, chief technology officer D-Wave.

Menurut sebuah makalah, komputer kuantum memiliki cara kerja yang sangat cepat.Dengan  hanya butuh lebih dari setengah detik saja untuk memecahkan masalah tertentu, dibanding perangkat lunak komputer biasa yang butuh setidaknya 30 menit.

Teknologi berkembang tiada henti, inovasi baru bermunculan dan ide cemerlang para ilmuwah turut menghiasi kemajuan dunia teknologi yang berusaha menciptakan suatu benda untuk mempermudah kerja manusia dalam menyelesaikan tugasnya.

 

 

Image By: Google.com

Oleh: Adzan.F

Shares
Share This