Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus SMA/SMK

Suasana Job Fair. Sumber: College Image

Seperti yang kita ketahui, Para siswa/i kelas 3 SMA/SMK telah selesai mengahadapi UNBK dan mereka hanya tinggal menunggu surat kelulusan. Setelah menerima surat kelulusan tentunya  tidak semuanya langsung melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi. Terkadang, juga dihadapkan dilema antara lanjut kuliah atau bekerja.

Pada saat sekarang ini, jumlah lapangan yang tersedia tak sebanding dengan tenaga kerja yang ada. Sehingga, peluang kerja bagi lulusan SMA/SMK ini cukup terbatas dan persaingan yang ketat. Namun pada kenyataannya, Bekerja setelah lulus sekolah SMA/SMK ini menjadi suatu keharusan yang ditempuh, apakah untuk menunjang ekonomi keluarga ataupun upaya mewujudkan cita-cita untuk melanjutkan kuliah nantinya.

Berikut beberapa cara bagi lulusan SMA/SMK segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Tanya Lowongan Pekerjaan pada Alumni yang Sudah Bekerja

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah rajin bertanya lowongan pekerjaan kepada para alumni sekolah yang sudah bekerja. Sebab peluang para alumni untuk mengetahui lowongan pekerjaan di tempat mereka bekerja cukup besar.

Ikuti Acara Job Fair

Job Fair adalah bursa atau pameran bagi para majikan, perekrut, dan sekolah untuk bertemu dengan para pencari kerja yang prospektif. Bursa ini biasanya diikuti oleh perusahaan atau organisasi yang menyediakan meja untuk mengumpulkan resume atau bilik tempat bertukar kartu nama.

Jangan segan mendatangi acara-acara pameran lowongan pekerjaan ini. Saat kamu mendatangi job fair, akan lebih baik jika kamu membawa surat lamaran pekerjaan sebanyak mungkin. Carilah lowongan pekerjaan dengan memperhatikan lowongan pekerjaan mana yang sekiranya baik untuk kamu.

Cari Informasi Lowongan Pekerjaan yang Terpercaya di Internet

Pada zaman sekarang, kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui internet. Namun, tentu saja informasi-informasi tersebut haruslah dapat dipercaya. Mengapa? Saat ini banyak sekali penipuan-penipuan yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan, contohnya seperti penipuan perusahaan fiktif.

Ikut Bursa Kerja Legal

Bursa Kerja Legal ini biasanya diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Bursa kerja yang legal seperti ini tentunya akan lebih aman karena segala informasi terpercaya dan jelas. Sehingga kamu akan terhindar dari risiko-risiko penipuan dalam lowongan pekerjaan.

Mengikuti Walk in Interview

Walk in Interview adalah suatu cara perekrutan oleh sebuah perusahaan di mana kamu bisa melamar pekerjaan di sebuah perusahaan dengan langsung ke tahap wawancara hari itu juga. Metode ini biasanya menjadi pilihan perusahaan yang akan merekrut karyawan baru secara massal.

Jangan lupa untuk membawa semua berkas yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan sebagai mestinya secara lengkap. Usahakan untuk tidak telat saat datang, sehingga pihak pewawancara dapat menilai kedisiplinan kamu.

 

 

Dikutip dari: Cermati, Wikipedia
Dikutip oleh: Nurfadhilah, SMKN 1 Palasah

 

 

Shares
Share This