Tempat Wisata di Indonesia yang Berbau Mistis

Cirebonmedia.com- Semua sudah mengetahui bahwa Indonesia merupakan Negara luas dengan beragam tempat wisata yang sangat Indah. Dari darat hingga lautan yang terdapat di Indonesia mampu menyihir mata banyak orang untuk mengunjungi dan menikmati secara langsung keindahannya.  Dari banyaknya tempat wista yang ada di Indonesia ada beberapa tempat wisata yang  menyimpan aura mistis.

Menilik sejarah di Indonesia, Negara ini sangat kental dengan tradisi mistis seperti ilmu kebatinan dan lain-lain serta merasakan kesengsaraan yang diakibatkan oleh penjajah yang sangat kejam hingga membuat banyak masyarakat menjadi korban kebiadabannya. Ada beberapa tempat wisata di Indonesia yang menyimpan aura mistis peninggalan tradisi kuno Indonesia masa lampau dan saksi bisu kebiadaban para penjajah.

Berikut adalah tempat wisata di Indonesia yang berbau mistis:

Pantai Selatan

wisata mistis 1 Apakah pantai yang paling menyeramkan di Indonesia?, Anda pasti langsung menjawab pantai di pesisir selatan Jawa, dan hal itu benar adanya. Sudah tak terhitung kisah-kisah angker dan mistis yang selalu ada di kawasan itu. Bahkan pantai selatan Jawa konon dipercaya dipimpin oleh sesosok makhluk halus yang cantik jelita, yaitu Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan). Dari banyaknya pantai, salah satu yang dianggap paling angker adalah pantai Parangkusumo yang menjadi tempat labuhan Keraton Yogyakarta, yang juga sekaligus pintu gerbang gaib Keraton Laut Selatan. Selain Parangkusumo, ada juga pantai Parangtritis dan gua Langse yang menjadi lokasi-lokasi mistis di sana. Kepercayaan di sana, jika ada yang memakai kaos atau baju berwarna hijau saat di pantai selatan konon akan tertarik ombak yang menghapiri si pemakai kaos atau baju tersebut.

Gua Kalak di Pacitan

wisata mistis 2 Gua yang terletak di jawa timur tepatnya di Desa Kalak, Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Gua ini letaknya cukup tersembunyi, padahal berada di tepi jalan kalau Anda menuju Pantai Klayar. Gua yang ditemukan ratusan tahun silam ini, merupakan gua tertua yang berada di daerah Pacitan. Menurut cerita warga sekitar gua ini merupakan tempat pertapaan pada jaman kerajaan Majapahit dan tak hanya itu gua ini sempat dijadikan tempat bertapa presiden RI ke 2. Gua ini dijaga oleh seorang juru kunci yang bernama Bapak Manrejo atau dikenal dengan nama mbah Tugiman yang mulai menjaga gua ini sejak tahun 1965, mbah Tugiman merupakan keturunan ke-3 dari juru kunci yang pertama.

Lubang Buaya

wisata mistis 3 Tempat wisata berikutnya adalah Lubang Buaya. Pastinya Anda sudah tidak asing mendengar tempat bersejarah yang satu ini. Tempat yang berada di kawasan Pondok Gede,Jakarta Timur ini, memiliki sejarah kelam pada era nya. Lubang Buaya merupakan saksi bisu para pejuang yang dibantai dengan kejam oleh pasukan G 30 SPKI di masa lampau. Tak tanggung-tanggung mereka yang di siksa dan di bantai ditempat ini merupakan para petinggi militer Indonesia. Yang terkenal dengan sebutan pahlawan revolusi. Pada zaman nya tempat ini merupakan pusat latihan partai komunis atau PKI. Saat ini di Lubang Buaya berdiri sebuah Monumen Pancasila dan serta museum Diorama, sumur tempat dimana pahlawan revolusi dibuang, serta berdirinya Patung Garuda yang berukuran cukup besar dengan dikelilingi patung para pahlawan revolusi.

Gua Jepang Lembang, Bandung

wisata mistis 4 Penjajahan Jepang di Indonesia tak hanya meninggalkan jejak kisah menyedihkan dan perjuangan luar biasa, tetapi juga hal-hal yang berbau mistis. Salah satunya adalah goa Jepang yang pada masa itu digunakan sebagai tempat tahanan tentara Dai Nippon Belanda agar menyerah dan meninggalkan Indonesia.  Selain sebagai tempat tahanan tentara belanda, gua  yang dibangun oleh Jepang ini adalah tempat di mana para romusha (pekerja paksa pribumi) tewas karena pekerjaan mereka. Sampai saat ini, dipercaya entah siang atau malam, suasana gua Jepang itu sangat mencekam. Selain hawa suram, ada teriakan dan rintihan tanpa wujud sering terjadi di sini. Kondisinya yang lembab dan minim ventilasi udara semakin membuat banyak orang berdiri bulu kuduknya.

Shares
Share This