Membangun Citra Diri Positif

Sebuah cita diri dalam banyak hal mempunyai arti yang sama dengan reputasi. Istilah ini mengacu pada cara orang lain memandangmu, apakah sebagai pemilik usaha atau perwakilan dari sebuah gagasan, organisasi, atau kegiatan. Apakah kamu seseorang yang sangat cerdas? Seorang Ahli? Apakah kamu orang yang dapat dipercaya? Apa yang kamu wakili? Apa yang kamu dukung? Apa saja pendapat dan dugaan yang langsung muncul pada saat seseorang mendengar nama kamu?

Membangun citra diri penting untuk dilakukan oleh setiap orang dimanapun dia berada, termasuk lingkungan kerja.

Membangun citra diri positif di lingkungan kerja sangat penting karena hal ini tidak saja akan berpengaruh pada pergaulanmu, namun juga pada pengembangan karir yang sedang kamu kejar. Lantas bagaimana cara membangun citra diri yang positif? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Bangun Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri akan memancarkan kesan positif dari dirimu. Sebagai pribadi yang percaya diri, kamu seolah memiliki motivasi hidup baik dalam bekerja dan bersosialisasi. Percaya diri pun akan membawa semangat pada kamu dalam menjalani berbagai aktivitas. Namun berhati-hatilah untuk tidak menjadi terlalu percaya diri. Terlalu percaya diri justru dapat menunjukkan bahwa kamu terlalu ambisius dan sombong.

Berpikir Optimis

Menjadi orang yang optimis akan membuat sekeliling kamu termotivasi dan merasakan energi positif yang kamu pancarkan. Berpikir optimis secara tidak langsung akan berpengaruh pada pola pikir kamu untuk menjadi positif, dan tentunya akan memotivasi diri kamu dalam menapaki setiap aktivitas yang kamu kerjakan.

Lebih Banyak Memberi daripada Meminta

Dalam hal ini memberi tidak berkaitan dengan uang. Lebih banyak memberi yang dimaksudkan di sini adalah memberikan bantuan atau suka menolong. Dengan sikap yang suka menolong tersebut, orang-orang di sekitar kamu akan merasa nyaman untuk bekerja bersamamu. Suka menolong menunjukkan bahwa kamu mandiri dan mampu bersosialisasi dengan baik, namun jika kamu terlalu banyak meminta pertolongan maka tentu saja akan menimbulkan pandangan yang berlawanan.

Dengan citra diri yang positif, kamu tentu akan mendapat berbagai keuntungan di lingkungan sosialmu. Dan yang terpenting, citra diri yang positif akan membawa diri kamu menjadi pribadi yang positif dan terus berkembang. Marilah kita membangun citra diri yang positif mulai dari sekarang.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This