Hal yang bisa membuat HP rusak

Sumber : Jumpshot

Smartphone sudah menjadi barang yang tidak boleh lepas dari genggaman, tetapi banyak yang tidak memedulikan kondisi HP mereka sendiri. Ternyata secara tidak sengaja kita sering melakukan hal-hal yang bisa merusak smartphone.

Untuk menjaga smartphone tetap bekerja secara maksimal dan awet tentu saja hal-hal tersebut harus dihindari. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dihindari agar HP tidak cepat rusak atau awet :

1. Membiarkan Smartphone Overheat

Bermain game terlalu lama dengan grafis yang tinggi, menonton video, memainkan dibawah terik matahari, atau melakukan kegiatan nonstop biasanya akan membuat HP cepat panas atau overheat. Bahaya yang paling bahaya dari membiarkan overheat adalah HP bisa meledak.

2. Memenuhi Media Penyimpana

Bagi yang mempunyai HP tapi internal storage kecil sebaiknya menambahnya dengan cara memasang penyimpanan eksternal dengan microSD. Hal ini bisa membuat kinerja smartphone menurun.

3. Mempekerjakan Smartphone Nonstop

Sama halnya seperti mematikan komputer jika tidak dipakai, mematikan HP saat tidak dipakai juga bisa jadi ide yang bagus. Mematikan HP ketika sedang sibuk beraktivitas seperti saat menonton bioskop, sedang ujian, atau saat sedang tidur. Memberikan waktu istirahat HP bisa membuat HP menjadi tahan lama.

4.Terkena Cairan

Tidak semua smartphone tahan air. beberapa tetes saja sudah cukup untuk merusak komponen HP. Jadi ketika beraktivitas yang berhubungan dengan air pastikan HP menggunakan case anti air.

5. Charge Semalaman

Kalau masih beberapa kali tidak menjadi masalah. Tapi jika melakukannya setiap malam dijamin baterai HP tidak akan bertahan lama. Sebaiknya tidak charge baterai semalaman terlalu sering.

6. Tidak Melakukan Update Aplikasi

Semua aplikasi pasti akan melakukan update atau pembaharuan untuk memperbaiki bugs yang terjadi dari versi sebelumnya. Hal ini membuat aplikasi tetap bekerja dengan baik, jiika tidak di-update  maka performa HP bisa ikut terhambat.

7. Install Aplikasi Sembarangan

Jangan menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Karena bisa saja aplikasi itu sudah dimasuki virus atau malware. Malware di smartphoe bisa lebih berbahaya dari malware di komputer. Bisa menjadi alat pelacak kemanapun kamu pergi atau mencuri data penting. Pastikan kamu mendownload dari sumber terpercaya.

 

Sumber : JalanTikus

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This