Dampak Buruk Smartphone Pada Tubuh Dan Otak

Tidak diragukan lagi, smartphone merupakan gadget praktis yang mudah dibawa kemana-mana. Selain mendapatkan fungsi mempermudah pekerjaan, terdapat suatu kebanggaan pula bila bisa memiliki smartphone jenis terbaru.

Gadget ini benar-benar telah mengubah gaya hidup manusia. Karenanya, kita sangat menikmati kebebasan dalam menjaga kedekatan kita dengan orang lain dimana pun.

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, kesehatan juga berpengaruh terhadapnya. Menurut informasi dari Lifehack, berikut adalah fakta yang perlu diwaspadai mengenai smartphone kamu.

Mempengaruhi kesehatan psikologis

1. Interaksi sosial

Penggunaan smartphone dapat dengan efektif membunuh mood dan kenyamanan hati, terutama jika kamu berada di dalam dalam percakapan grup. Hal tersebut bisa menyita perhatian kamu daripada lingkungan sekitar kamu.

Jelas hal ini mengurangi kemampuan kognitif dalam bersosialisasi dengan orang lain dan bisa membuat kamu jadi pribadi yang tertutup.

2. Menurunkan daya ingat

Smartphone merupakan salah satu alat untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam hidup kamu. Pada porsi yang sama, alat tersebut menurunkan daya ingat kamu.

Hal ini dikarenakan para pengguna smartphone terlalu menggantungkan kebutuhannya pada gadget, sehingga tidak berusaha untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengingat sesuatu hal.

3. Melemahkan penalaran induktif

Dengan sekali klik, maka kamu mampu mencari hal yang tidak kamu ketahui dengan Google. Akan tetapi ketergantungan terhadap hal tersebut menjadi bumerang bagi kamu.

Gordon Pennycook, Seorang Psikologi Kognitif dari University of Waterloo, mengungkapkan ketergantungan pada internet telah menurunkan kecerdasan mental dan kemampuan untuk memecahkan masalah.

Efek ke kesehatan fisik

1. Ketergantungan smartphone menambah berat badan

Smartphone memungkinkan kamu mengakses film, permainan, maupun aplikasi media sosial apapun. Dengan layar kecil tersebut, kamu dapat melakukan apapun yang kamu inginkan.

Ini akan mengurangi aktivitas fisik, sehingga akan menyebabkan obesitas maupun penyakit kronis.

2. Smartphone mengganggu pola tidur

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat mengganggu produksi hormon melatonin kamu. Hormon-hormon ini berfungsi untuk mengatur pola tidur kamu.

3. Smartphone bisa berujung pada kecelakaan

Jika kamu kurang aktif, otot-otot dalam tubuh kamu akan melemah bersama dengan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh . Hal ini pada akhirnya membuat kamu rentan terhadap cedera fisik.

Kamu sering mendengar tentang kecelakaan yang disebabkan oleh mengemudi sambil melakukan SMS, tetapi apakah kamu sadar bahwa kamu juga bisa kecelakaan ketika berjalan sambil melakukan SMS?

Batasi Diri dengan Smartphone

1. Nikmati kegiatan di luar ruangan

Keluarlah dan nikmati keindahan alam. kamu bisa melakukan olahraga atau jalan-jalan kecil. Ajak temanmu dan lakukan sesuatu yang menyenangkan.

2. Membaca

Daripada membaca lewat smartphone, cobalah untuk membaca buku yang asli. kamu tidak harus membelinya, karena kamu tinggal berjalan ke perpustakaan terdekat.

3. Cobalah menulis

Gaya lama ini dapat menuangkan imajinasi kamu ke dalam bentuk tulisan. Cobalah menulis hal-hal yang terjadi atau apapun yang ingin kamu tulis.

4. Lakukan hobi

Kamu bisa memulai dengan memasak, melukis, ataupun bermain musik. Lakukan apapun yang kamu sukai dan mulailah jadi dirimu sendiri.

5. Bermain dengan hewan peliharaan

Ada alasan mengapa anjing disebut sebagai sahabat terbaik manusia. Mereka mampu untuk menemani kamu, begitupun hewan peliharaan lainnya.

Sumber : liputan6.com
Penulis : Ryan

Shares
Share This