Tips Mengatasi Alergi Debu yang Sering Mengganggu

Cirebonmedia.com- Rumah merupakan tempat dimana kita berlindung dan membangun suatu keluarga dengan berlandaskan cinta, rumah yang bersih adalah dambaan setiap keluarga akan tetapi rumah sering sekali diganggu oleh debu yang bisa mengakibatkan alergi yang sering kita kenal dengan istilah alergi debu. Jika tak rajin membersihkan rumah, Anda bisa saja terserang alergi debu yang sering mengganggu.

Debu dapat terlihat mengambang ketika tersorot sinar matahari. Debu bisa terdiri dari kulit mati, bulu hewan piaraan, spora dari jamur, potongan tubuh kecoak yang sudah mati, atau bahkan hewan kecil bernama tungau. Bangkai dan kotoran tungau inilah yang mampu menimbulkan reaksi alergi pada seseorang. Gejala-gejala alergi debu bisa berupa bersin, hidung berair, mata merah dan gatal, batuk, nyeri wajah, kulit di bawah mata bengkak dan berwarna biru, gatal pada hidung, langit-langit mulut, atau pada tenggorakan. Mengenai bentuk penyakitnya, alergi debu dapat bervariasi, yaitu mulai dari gejala ringan hingga berat. Alergi debu ringan dapat menyebabkan pilek, mata berair, dan bersin-bersin. Sedangkan pada kasus alergi debu parah, penderita bisa mengalami bersin terus-menerus, batuk, hidung tersumbat, atau serangan asma berat.

Untuk itu berikut adalah beberapa Tips untuk mengatasi alergi debu yang sering menggangu:

Menggunakan Madu

Diantara salah satu dari solusi alami paling efektif untuk mengobati terjadinya alergi adalah dengan madu. Minum madu secara teratur juga mampu mengantisipasi terjadinya alergi.

Menggunakan Jahe

Jahe merupakan obat alami untuk alergi yang sama efektifnya dengan madu. Jahe adalah antihistamin alami dan dekongestan. Setengah iris jahe dapat ditambahkan dalam teh atau dimakan dengan madu untuk mengibati dan mencegah alergi.

Akibat alergi debu
Akibat alergi debu

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai antibiotik alami. Bawang putih mengandung sifat antivirus sehingga dianggap sebagai salah satu obat yang paling efektif untuk menghilangkan alergi. Bawang putih mentah lebih efektif dari pada yang dimasak. Anda dapat mengkonsumsi 3-4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap hari untuk mencegah terjadinya alergi.

Menggunakan Teh Hijau

Dalam kandungan teh hijau terdapat antihistamin alami yang berfungsi membantu meringankan alergi. Anda bisa meminum 1-2 cangkir teh hijau setiap harinya jika Anda rentan dengan alergi.

Shares
Share This