Khasiat Dari Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Cirebonmedia.com– Buah merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena di dalam buah terkandung banyak Vitamin, serat, hingga protein yang mampu memberikan efek positif bagi tubuh manusia. Semua buah yang ada di dunia memiliki manfaat yang baik, namun ada salah satu buah dengan bentuk unik yaitu Belimbing dengan segudang khasiat bagi kesehatan.

Buah belimbing juga sering disebut sebagai starfruit karena memiliki bentuk unik yang menyerupai bintang. Buah ini memiliki nama latin yaitu Averhoa Carambola, buah ini banyak ditemukan di wilayah negara dengan iklim tropis. Dalam bebepara penelitian menyebutkan 1 Buah belimbing dapat mengandung unsur-unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, antara lain, seperti :  Energi, Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), folat ( vit. B9), Vitamin C, fosfor, Kalsium, Seng, Sumber USDA Nutrient database.

Dan berikut adalah khasiat dari buah belimbing bagi kesehatan, diantaranya:

Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat dalam buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau ganguan yang diakibatkan susah buang besar.

Membantu Menurunkan Berat Badan. Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian.

belimbing 500X500 Mengatasi Tekanan Darah Tinggi. Belimbing mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Kecantikan dan Kesehatan Kulit. Dalam dunia kecantikan, belimbing juga sering digunakan sebagai masker yang dapat mengobati jerawat karena mengandung zinc yang berperan menangkal tumbuhnya jerawat, menghaluskan dan melembutkan kulit, serta membantu mendinginkan kulit yang terbakar matahari.

Selain memiliki bentuk unik yang menyerupai bintang, Averhoa Carambola dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan bagi manusia.

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This