Gemar Mengkonsumsi Ikan? Anda Harus Waspada

Cirebonmedia.com- Banyak sekali orang yang menggemari makanan laut terutama ikan, Makanan hasil laut yang satu ini seakan menjadi primadona karena kelezatan rasa daging nya ketika sudah dimasak. Banyak sekali ragam masakan yang telah diciptakan manusia dengan bahan dasar ikan laut, ini menjadi bukti bahwa sebagian manusia yang ada di dunia sangat menggemari ikan sebagai makanan untuk dikonsumsi. Tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, ikan juga memiliki beragam kandunganyang mampu membawa efek baik bagi tubuh.

Membahas tentang ikan kurang lengkap jika kita tidak membahas habitat asalnya yaitu laut. Ya, laut merupakan habitat sebagian besar ikan yang ada di bumi meski ada juga ikan yang dapat hidup di air tawar namun laut lah tempat sebagian besar spesies ikan yang sering dikonsumsi manusia tinggal. Kita pun mengetahui seiring berjalannya waktu dunia mulai berubah menjadi daratan yang dipenuhi dengan beragam industri yang kemudian menghasilkan limbah dan sampah yang bisa merusak lingkungan tak terkecuali tempat ikan hidup dan berkembang biak. Limbah atau sampah plastik menjadi bagian yang mulai tak bisa dipisahkan dari lautan, sampah plastik kerab terlihat berenang bersama para ikan di laut, sampah ini sangat membahayakan, karena ikan yang terkontaminasi limbah plastik ketika dikonsumsi manusia bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Dilansir dari jurnal nature pada 2015 mendapati banyak ikan laut terkontaminasi limbah plastik. Riset tersebut mengambil sampel dari ikan yang dijual oleh pasar-pasar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dan Califonia, Amerika Serikat. Hasilnya, kedapatan butiran plastik di usus ikan sampel dari pasar tersebut, sementara dalam ikan asal pasar California ditemukan plastik berbentuk serat dengan kadar sampai 80 persen. Perbedaan kandungan limbah pada ikan terjadi karena pola pengelolaan sampah plastik yang berbeda di masing-masing negara.

Waspada saat ingin mengkonsumsi ikan laut

Kondisi tersebut jelas mengkhawatirkan tak hanya bagi ekosistem laut, tetapi juga bagi kesehatan manusia yang menyantap ikan tercemar limbah plastik. Dilansir dari kompas.com, Menteri Lingkungan Hidup dan Kesehatan Siti Nurbaya mengatakan kandungan plastik dalam ikan dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan, mulai peradangan tubuh, kematian sel, sampai kerusakan saluran pencernaan.

“Yang namanya plastik, kenapa begitu berbahaya karena plastik tidak bisa terurai ketika berada di alam. Diperkirakan baru bisa terurai dalam waktu 400 tahun,” Ujar beliau.

Untuk itu bagi anda yang gemar menyantap hidangan berbahan dasar ikan, anda perlu waspada dalam memilih ikan laut, jangan sampai ikan yang akan anda santap tercemar limbah plastik agar kesehatan anda dan keluarga tercinta aman dari gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh ikan yang sudah tercemar limbah plastik.

Shares
Share This