TIPS HEMAT ANAK KOST JAMAN NOW

Demi menempuh pendidikan ataupun mengejar cita-cita, anak muda jaman sekarang banyak yang merantau ke kota lain dan tinggal di kost-kostan. Hidup sendirian mengharuskan mereka untuk mandiri dan dapat mengatur keuangan mereka sendiri. Tapi, mengelola keuangan sendiri itu tidaklah mudah terutama bagi anak kos. Berikut ini beberapa tips untuk anak kos agar dapat mengelola uang jajannya dengan baik.

  1. Hitunglah Biaya Makan

Memasak makanan sendiri akan menghemat biaya untuk makan. Sumber: finlace

Karena Kebutuhan Makan adalah pengeluaran terbesarKamu hanya perlu membuat variasi yang jenius dan tepat supaya bisa makan enak, sehat, dan so pasti murah. Buat kamu yang tidak terbiasa sarapan dalam porsi besar, minuman sereal ini bisa jadi pilihan untuk mengganjal perut yang kelaparan( hitung-hitung diet). Harganya murah dan membuatnya pun mudah. Asumsikan sereal ini untuk dijadikan selingan dan variasi makanan dalam seminggu.

Untuk anak kost biasanya dilengkapi dengan rice cooker dan dispenser di dalam kosannya. Ada juga sebagian kost yang memiliki dapur. Jika yang punya dapur di kostnya, ada kalanya kamu memasak untuk dirimu sendiri, dengan memasak makananmu sendiri hal ini akan menjadi lebih hemat untuk bertahan hidup, kamu bisa mengatur lauk apa yang kamu makan dengan harga yang murah yang kamu beli di pasar dibandingkan dengan warung-warung yang ada di sekitar kost kamu. Untuk yang tidak punya dapur di kostnya, usahakan untuk menanak nasi, hal ini untuk menghemat biaya membeli nasi ke warung.

  1. Berbelanja Kebutuhan yg diperlukan bukan yg diinginkan

Sering kali anak kost jika mendapat uang kiriman dari orangtuanya langsung pergi ke supermarket untuk membeli barang untuk kebutuhan Sebelum berbelanja ada kalanya kamu membuat daftar kebutuhan yang benar-benar kamu butuhkan. Kemudian kamu survey supermarket yang menjual barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Hindari membeli barang terus menerus karena hal ini akan membuat kamu lapar mata dan membeli barang yang tidak terlalu kamu butuhkan sehingga menjadikan kamu semakin boros.

  1. Mencuci Baju Sendiri

kost. Anak kost itu wajib mandiri. Jangan terlalu mengandalkan jasa laundry. Menggunakan jasa laundry membuat kamu makin boros. Biar uangmu bisa dihemat untuk makan, kamu bisa mencuci bajumu sendiri.

  1. Nebeng ke Teman

Hal ini sangat bisa mengirit keuanganBagi kamu anak kost yang tidak punya kendaraan, kemana-mana biasanya menggunakan transportasi yang membutuhkan ongkos yang tidak sedikit. Daripada kamu harus naik angkot atau naik ojek, kamu bisa minta tolong temanmu untuk mengantarkan kamu ke tujuanmu. Atau kalau jarak tujuanmu dekat, kamu bisa berjalan kaki. Dengan hal ini uangmu tidak akan cepat habis.

  1. Mengakali Kuota

Kamu pasti tidak terlepas dari sambungan internet. Sambungan internet pasti setiap hari kamu butuhkan. Dengan begitu kamu pasti akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk internet. Namun sekarang sudah banyak dijual paket kuota internet dengan beragam promo dengan harga yang terjangkau, kamu bisa membelinya untuk memenuhi kebutuhan internet kamu.

Wifi kampus juga bisa kamu gunakan jangan sampai fasilitas kampus yang satu ini kamu sia-siakan, internet cepat, tanpa batas dan gratis tentunya.

  1. Hangout Bersama Teman Tapi Tetap Hemat

Berhemat bukanlah alasan kamu untuk tidak bisa hangout bersama teman-teman kamu. Namun ada hal yang harus kamu ingat, niat utamanya adalah kumpul dan ngobrol, bukan berarti hal ini menjadi ajang membeli makanan-makanan unik dan minuman paling enak. Jadi, disarankan pilihlah menu yang paling murah. Lagi pula, tidak akan ada yang mengejekmu jika kamu membeli menu yang paling murah.

 

Sumber : Ruang Mahasiswa

Shares
Share This