Cirebonmedia.com- Alat musik merupakan sesuatu benda yang dapat membuat dunia menjadi penuh dengan warna. Dengan alat musik manusia mampu melahirkan nada-nada harmonis yang sangat nyaman ditelinga, tak hanya ditelinga saja, bahkan karakter dan suasana hati seseorang pun bisa berubah berkat sebuah alat musik yang dimainkan.

Dengan bantuan alat musik, manusia mampu menghasilkan sebuah nada indah yang disebut musik, Musik adalah sesuatu yang luar biasa, bisa dikatakan tanpa musik kehidupan terasa hampa dan sepi. Ibarat seekor ikan yang hidup tanpa air. Musik adalah sebuah fenomena unik yang dapat dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Ada banyak sekali alat musik di dunia ini, namun ada salah satu alat musik dengan ukuran besar dimainkan dengan jari yaitu piano yang menjadi alat musik fenomenal karena memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan alat musik yang lainnya. Bahkan, alat musik ini mampu melahirkan komposer-komposer kelas dunia yang melegenda seperti Bethooven dan Mozart.

Piano merupakan alat musik yang berupa jajaran bilah-bilah papan nada yang membentuk urutan tagga nada, dimainkan oleh kedua tangan dengan sepuluh jarinya secara bergantian atau bersamaan dengan menekan tuts yang menghasilkan nada dan melodi serta akord yang harmonis.

piano leo 395 Piano adalah alat musik yang bisa dikategorikan alat musik yang tertua dan termahal di dunia, piano pertama dibuat oleh Clarence Lyon dari London, dan tidak lama setelah itu Rushworth mulai memproduksi piano-piano klasik British terkenal di dunia, yang sekarang dalam generasi kelima di bawah kepemimpinan Alastair Rushworth. dan menjadi pembuat organ terbesar di Inggris. Sekitar tahun 1921 Rushworth juga memiliki piano-piano dari Squire & Longsons.

Dalam perkembangannya, sebelum memiliki 88 tuts seperti sekarang, piano memiliki lima oktaf dan 62 tuts. Ia juga dilengkapi dengan pedal yang digerakkan dengan lutut. Namun, kemudian pedal kaki yang diperkenalkan di Inggris menjadi populer hingga sekarang.

Hingga sampai dengan saat ini piano tetap bertahan sebagai pilihan bagi para komposer untuk menciptakan Shynphony dan komposisi musik.

 

 

Image By: Google.com

Shares
Share This