Tips Begadang Sehat

Sumber : Business Insider

Begadang adalah salah satu kegiatan atau kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Walaupun begadang tidak baik untuk tubuh tapi terkadang memang tidak bisa dihindari, ada banyak alasan untuk begadang mulai dari ujian, tugas sekolah, hingga deadline project.

Jika memang terpaksa begadang, kenapa tidak mencoba begadang dengan cara sehat? Berikut ini tips untuk melakukan begadang sehat :

1. Menabung Tidur Sebelum Begadang

Jika kamu tau kapan kamu akan begadang, Kamu bisa mempersiapkan tubuh dengan cara cicil kebutuhan tidur dari jauh-jauh hari agar pada saat begadang, tubuh akan cepat menyesuaikan diri untuk tetap terjaga semalaman.

Jika kamu memilih untuk tidur sejenak ketika begadang, kemungkinan akan terus tertidur sampai pagi hari.

2. Nyalakan Lampu Terang

Layaknya tubuh menghasilkalkan vitamin D di pagi hari dengan bantuan matahari, tubuh juga akan menghasilkan hormon melatonin yang membuat kita mengantuk, dengan bantuan kegelapan malam hari.

Jika ingin begadang, situasikan lingkungan sampai seterang mungkin. Cahaya memiliki efek yang kuat pada jam internal tubuh. Sinar terang dapat memanipulasi tubuh dan membuatnya mengira bahwa belum saatnya untuk tidur.

Selain lampu ruangan, kamu juga bisa menyalakan lampu belajar, lampu meja, atau sumber cahaya lainnya.

3. Boleh Minum Kopi, Tapi…

Ingin rasanya saat begadang menyeduh secangkir kopi panas. Tapi, minum lebih dari dua gelas kopi saat begadang tidak akan meningkatkan konsentrasi, malah akan membuat kamu gelisah dan hilang fokus.

Kafein memiliki efek yang nyata dan kadang berguna untuk otak. Tetapi, jika mengkonsumsi kafein secara rutin dan berulang, lama-kelamaan tubuh dan pikiran akan membangun kekebalan terhadap kafein, sehingga efeknya tidak akan optimal saat dibutuhkan di waktu penting.

4. Cemilan Tinggi Protein

Tubuh membutuhkan sesuatu untuk dibakar agar tetap terjaga sepanjanga malam, khususnya jika sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kerja otak yang intensif, seperti membuat skripsi atau project. Cemilan adalah ide yang baik

Pilih camilan yang bisa memberikan energi tahan lama yang mengandung protein murni, seperti protein shakes, greek yogurt dan topping buah-buahan, atau irisan apel yang diolesi selai kacang.

5. Jangan Duduk Diam, Aktif Bergerak

Jika mengerjakan pekerjaan di meja, sering-seringlah beranjak bangun dan jalan-jalan sejenak. Jalan-jalan 10 menit meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk dua jam selanjutnya. Jadi, istirahatlah sejenak setiap kali merasa ngantuk dan berjalan ke dapur untuk mengambil camilan.

Tidak hanya jalan-jalan, kamu juga bisa lakukan olahraga ringan atau sekedar peregangan selama 10-15 menit setiap 45 menit sekali untuk membantu tubuh membawa oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot-otot.

6. Atur Suhu Ruangan

Suhu ruangan yang paling pas untuk terlelap tidur adalah 18-20ºC. Jika ingin begadang sepanjang malam, atur suhu agar tidak terlalu dingin tapi tidak sampai membuat gerah. Tinggikan suhu ruangan hingga 23-25ºC, atau pakai pakaian yang tebal. Suhu ini bisa menjaga kamu tetap waspada dan juga mencegah cepat lelah akibat kepanasan.

 

Sumber : HelloSehat

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This