Tips Agar Usaha Sampingan Bisa Sukses Dan Awet

Anda ingin menambah penghasilan dengan usaha sampingan? Tentu ini niat sangat mulia. Namun, memiliki usaha sampingan tidak semudah Anda bayangkan. Ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan agar usaha sampingan Anda awet dan sukses.

Banyak bisnis besar yang tadinya bermula dari usaha sampingan. Bahkan, tidak sedikit orang yang akhirnya memutuskan fokus mengurus usaha yang tadinya bersifat sampingan semata.

Di era internet seperti saat ini, hampir semua orang bisa menjalankan usaha sampingan dengan mudah. Tersedia banyak pekerjaan baru yang bisa dijalani dengan mudah. Sebut saja jasa membuat website dan design, mengelola media sosial, dan hingga menjadi spesialis blogger.

Tentu Anda ingin agar usaha sampingan itu benar-benar mendatangkan penghasilan tambahan, bukan semata menambah kesibukan. Terapkan sejumlah kiat penting berikut ini, sebagaimana dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id.

1. Pisahkan rekening

Banyak usaha sampingan yang akhirnya gulung tikar karena uang untuk usaha sampingan digunakan sebagai uang pribadi karena mereka tidak memisahkan keduanya. Jadi mulai sekarang, selalu pisahkan rekening untuk usaha sampingan dengan rekening tabungan pribadi. Lalu apakah kita tidak bisa menikmati hasil dari usaha sampingan tersebut? Tentu saja bisa.

Coba gunakan rasio 50:25:25 dalam usaha sampingan. Jadi misalnya, omzet usaha Anda per bulan bisa mencapai Rp 5 juta, maka perhitungannya sebagai berikut:

Rp 5 juta x 50 persen = Rp 2,5 juta untuk dana perputaran usaha sampingan.

Rp 5 juta x 25 persen = Rp 1,25 juta untuk dana tambahan modal usaha sampingan.

Rp 5 juta x 25 persen = Rp 1,25 juta untuk menggaji dirimu. Dana inilah yang menambah uang jajan atau sekadar membantu Anda menambal kebutuhan dasar sehari-hari seperti membeli bensin.

2. Lakukan perhitungan setiap bulan

Selain memisahkan antara uang usaha dan uang pribadi, tidak melakukan perhitungan setiap bulan juga bisa membuat usaha sampingan mu tidak berjalan. Tak perlu membuat perhitungan yang rumit, cukup catat perhitungan modal usaha, hasil penjualan setiap hari, dan biaya operasional.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui sejauh mana usaha sampingan mu berjalan dan bagaimana perputaran dana nya. Anda juga bisa mengetahui apakah usaha sampingan Anda masih sesuai target atau tidak? Anda bisa mengatur strategi dengan hasil perhitungan tersebut.

3. Targetkan penjualan setiap hari

Selanjutnya adalah selalu memberikan target penjualan setiap hari. Hal ini bisa membuat Anda menjadi tambah bersemangat untuk menjalani usaha sampingan. Misalnya, dalam satu hari Anda menargetkan 2-3 orang pelanggan, maka dalam 1 bulan (30 hari x 2 orang) Anda bisa menggaet pelanggan hingga 60 orang.

Dengan begitu, Anda bisa membuat perhitungan secara kasar berapa jumlah uang yang bisa Anda peroleh per bulan dengan menjalani usaha sampingan ini.

4. Selalu aktif memasarkan

Untuk dapat memenuhi target, jangan lupa untuk selalu aktif memasarkan, terutama di sosial media, baik itu melalui Twitter, Facebook, Instagram, Path, atau melalui blog pribadi.

Adakan diskon setiap seminggu sekali dan tetapkan harinya. Misalnya saja, pada hari Jumat Anda akan memberikan diskon 10 persen atau promo buy 1 get 1. Dengan begitu, antusias masyarakat jadi lebih bertambah. Buat postingan di sosial media semenarik mungkin agar bisa menggaet pelanggan baru.

5. Pinjam modal untuk mengembangkan usaha sampingan

Meski namanya usaha sampingan, tapi bukan berarti Anda tidak ingin usahamu maju dan berkembang. Kalau usaha sampingan sudah berjalan beberapa bulan dan prospeknya lumayan bagus, jangan ragu untuk meminjam modal untuk mengembangkan usaha sampingan.

Ambil pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau KTA (Kredit Tanpa Agunan). Khusus produk KTA, Anda bisa menggunakan fitur perbandingan dari HaloMoney.co.id, sekaligus mengajukan KTA yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk melakukan simulasi hutang terlebih dahulu dengan menghitung secara cermat dan teliti agar nantinya hutang usaha sampingan bisa terbayar lunas.

Selamat menjalankan usaha sampingan yang cocok dengan kebutuhan Anda. Semoga dengan tips dari HaloMoney.co.id di atas, Anda bisa tambah semangat untuk menambah angka-angka di rekening tabunganmu. Selamat mencoba Moneysavers!

Sumber : HaloMoney.co.id
Penulis : Ryan

Shares
Share This