Papua Sangat Membutuhkan Indonesia

 

Penulis : Euis Komalasari

Pelajar SMKN 1 Lemahabang

 

Papua, Provinsi terluas di Indonesia yang terletak di bagian tengah dan merupakan bagian dari wilayah timur Indonesia. Provinsi ini sangat kaya dengan berbagai potensi sumber daya alam yang melimpah di seluruh daratannya. Kaya akan bahan tambang dan kecantikan panorama bawah lautnya yang sangat memukau, hutan yang lebat, masyarakat yang sangat ramah dan masih menjunjung nilai-nilai budaya adalah salah satu daya tarik Papua. Di samping itu Papua juga memiliki keberagaman budaya lokal yang unik. Salah satu budaya lokal Papua yang sudah cukup terkenal adalah budaya tari-tarian yang memang sering ditampilkan di luar Papua. Papua memang sangat kaya dengan itu semua, tetapi dalam berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan agama masih jauh dari kata layak.

 

  1. Aspek Kesehatan

Papua merupakan daerah yang cukup menyita perhatian dunia dari berbagai aspek, khususnya masalah kesehatan. Kenyataan sosial di Papua saat ini, menunjukkan bahwa permasalahan kesehatan di Papua belum mengarah kepada perbaikan kondisi yang benar. Faktor-faktor yang menguatkan dugaan itu, antara lain adalah mengingat luas wilayah Papua dengan penduduk yang padat, pelayanan kesehatan yang tidak merata dan jarak rata-rata antara pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang satu dengan yang lain terbilang cukup jauh sehingga masyarakat sulit untuk mendapat pelayanan.

  1. Aspek Pendidikan

Kondisi geografis merupakan salah satu faktor yang menyulitkan warga Papua untuk mendapatkan pendidikan. Tak hanya kualitas guru yang mengkhawatirkan, tapi juga kondisi infrastrukturnya. Gedung sekolah yang dibangun di era 70-an butuh direnovasi agar anak-anak Papua bisa mendapatkan pendidikan layak, karena pendidikan yang kurang sehingga mengakibatkan kurangnya moral dan ilmu pengetahuan.

  1. Aspek Ekonomi

Papua masih memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi dengan kehidupan mereka yang jauh dari kata berkecukupan. Walaupun sumber daya alamnya melimpah, tetapi mereka belum bisa mengelolanya dengan baik, penyebabnya adalah sumber daya manusia yang minim sehingga kreatifitas dan inovatif masyarakat juga minim. Masyarakat hanya menunggu dan terus menunggu pekerjaan dari pemerintah, sehingga masih banyak pengangguran.

  1. Aspek Keagamaan

Keagamaan merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat di Papua dan dalam hal ketuhanan. Jauh sebelum masuknya ajaran Kristen dan Islam masuk ke Tanah Papua, tiap suku bangsa di Tanah Papua mempunyai sistem kepercayaan tradisi, yakni percaya akan adanya satu dewa atau Tuhan yang berkuasa atas dewa-dewa.

Melihat keadaan Papua dari berbagai aspek, Papua sangat membutuhkan bantuan dari Indonesia. Papua jauh dari kata layak dan berkecukupan.

Sumber

http://tabloidjubi.com/16/2015/10/30/kepercayaan-agama-suku-suku-di-tanah-papua/

http://priskilaecha.blogspot.co.id/2015/08/masalah-perekonomian-di-papua.html

 

Shares
Share This