Cirebon Media – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU)  Kota Cirebon bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menyelenggarakan Silaturahmi Kebangsaan dan Deklarasi Anti Korupsi untuk memperingati Kemerdekaan Replublik Indonesia yang ke 72.

Kedatangan Wakil Ketua KPK RI Saut Situmorang langsung disambut oleh H. Yusuf, SE,  MM (Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Cirebon),  Dr. KH.  Samsudin,  M. Ag (Ketua Rais Syuriah PCNU Kota Cirebon), Rasjid,  SH. (Ketua LPBHNU Kota Cirebon),  Ide Bagus (Ketua LAKPESDAM NU Kota Cirebon),  serta Banom – banom NU lainnya, di Gedung Dakwah Nahdlatul Ulama jl. Arya Kemuning No. 1. (13/8).

Dalam sambutannya Ketua PCNU Kota Cirebon H. Yusuf SE,  MM mengucapkan banyak banyak terima kasih atas kedatangan Ketua KPK RI yang sudah meluangkan waktunya. “Dalam hal ini PCNU Kota Cirebon secara tegas menolak Pansus Angket karena akan melemahkan KPK,” tegas Yusuf.

Dia meminta KPK juga harus sinergi dengan masyarakat sipil khususnya masyarakat Nahdiyin. “Kami mengharapkan masalah masalah yang sedang ataupun belum harus optimal sehingga masyarakat mempercayai Lembaga Anti Rasuah ini. Dan persoalan kasus yang belum terselasaikan diharapkan segera tuntas khususnya di Kota Cirebon, Sebagai contoh kasus yang ada dikota Cirebon adalah masalah Tanah di jalan Cipto dan masalah Dana DAK 96 M, yang sampai sekarang belum ada hasil yang nyata”. Ungkapnya.

Dalam acara ini membincangkan tentang gerakan pemberantasan korupsi harus sinergis dengan pranata kultural (NU) masyarakat atau pemberantasan korupsi harus jadi gerakan yang hidup dimasyarakat. Membentengi masyarakat. Misalnya isu dana desa.

Untuk tuntaskan kasus-kasus yang merugikan rakyat, baik yang sedang ditangani atau telah dilaporkan ke KPK.

Didalam acara ini juga membincangkan sebuah bagaimana dengan rencana pemerintah yang akan menggunakann dana haji untuk pembangunan infrastruktur dulu.

NU dan gerakan kultural harus selalu menjadi kepeloporan untuk masyarakat dan sekitarnya untuk masa depan.

Bye : Euis Komalarasi dan Mochamad Alfian ( The Light Carrier )