Suhu Bumi Semakin Meningkat

Cirebonmedia.com- Tempat tinggal seluruh makhluk hidup yaitu bumi pada akhir tahun kemarin mengalami peningkatan, Organisasi Meteorologi Dunia suhu bumi meningkat dengan rata-rata 1,1 derajat Celsius tiap tahunnya. Ini merupakan suhu terpanas bumi dalam sejarah. Hal ini pun berdampak kepada perubahan iklim yang kian ganas termasuk yang terjadi di Indonesia.

Kenaikan suhu bumi ini hanya satu indikasi dari perubahan iklim akibat ulah manusia, yakni kenaikan konsentrasi gas rumah kaca, karbon dioksida (CO2), dan gas metana (CH4). Konsentrasi CO2 mencapai rekor tertinggi pada 2015, yakni 400 bagian per juta (ppm) atau 144 persen lebih tinggi dibandingkan sebelum Revolusi Industri dan terus meningkat. Adapun konsentrasi CH4 mencapai 1.845 bagian per miliar (ppb) atau 256 persen lebih tinggi dibandingkan sebelum Revolusi Industri.

Otomatis suhu bumi yang semakin panas membuat es di kutub semakin mencair dan mencair nya es di kutub membuat volume air yang ada di bumi meningkat, belakngan kita bisa melihat bagimana beberapa daerah terendam bencana banjir tak terkecuali Kota Cirebon, beberapa daerah di Kota Cirebon mulai merasakan dampak dari naiknya suhu bumi, akibatnya ada beberapa sektro jalan yang rusak dan berlubang sehingga dampak ini pun sempat menelan korban kecelakaan lalu lintas karena kerusakan jalan yang disebabkan tingginya curah hujan.

Suhu bumi meningkat
Suhu bumi meningkat

Tak hanya Cirebon, beberapa daerah yang ada di tanah air pun mengalami dampak serupa, sektor pertanian menjadi sasaran banjir, hasil pertanian yang harus dipanen rusak dan gagal panen akibat banjir yang terjadi. Kenaikan suhu atmosfer global terserap di lautan dan meningkatkan suhu perairan global. “Sebagai negara kepulauan, dampak yang kita alami perlahan, tetapi ada dampak bersifat segera,” Ujar Alan Koropitan, ahli kelautan dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dengan terjadinya fenomena suhu bumi yang meningkat, seharusnya manusia menjadi sadar akan apa yang mereka lakukan dapat mengancam kehidupan di bumi, seperti seperti sector industri, rumah kaca, dan penebangan pohon secara berlebih harus segera diatasi dan membuat inovasi agar alam tidak mengalami kerusakan yang semakin parah.

Sumber: Kompas

Shares
Share This