Waspada, “Flakka” Narkoba Jenis Baru

Cirebonmedia.com- Narkoba, mendengar kalimat  tersebut membuat kita tergiring dan langsung memikirkan obat-obatan terlarang yang sering menjadi penyebab kematian banyak orang. Tak hanya sampai disitu saja, narkoba juga merupakan penyebab meningkatnya angka kriminalitas karena kehadirannya menuai pro dan kontra bagi sebagian orang. Namun, belakangan ini diketahui bahwa ada narkoba jenis baru yang dikenal dengan nama Flakka.

Flakka merupakan obat terlarang sintetis yang kini makin populer. Narkoba ini juga dikenal sebagai ‘kerikil’, dan harganya hanya sekitar US$5 (Rp64 ribu) satu botol. Bahan aktif flakka adalah senyawa kimia yang disebut alpha-PVP, yang menurut daftar Badan Obat-obatan AS merupakan zat yang paling mungkin disalahgunakan. Zat ini biasanya dibuat di luar AS seperti Tiongkok dan Pakistan.

Para pemakai Flakka biasanya kehilangan hubungan dengan realita. Mereka tak sadar apa yang mereka lakukan, menjadi agresif, dan gelisah yang parah. Kasus yang pernah dilaporkan antara lain seorang pemakai Flakka didapati berlarian tanpa busana ke jalan umum dan menggedor mobil-mobil yang lewat. Selain itu, efek bahayanya adalah hiperthermia atau naiknya suhu tubuh, yang bisa mencapai 42 derajat celsius. Pada suhu itu, darah tak lagi menggumpal dan orang yang bersangkutan mulai mengalami pendarahan dalam. Setelah itu, organ-organ mulai mengalami kegagalan. Paru, hati, ginjal dan otak bisa mengalami kerusakan jika suhu terlalu tinggi dalam waktu terlalu lama.

Flaka, narkoba jenis baru
Flaka, narkoba jenis baru

Flakka, berasal dari kata Spanyol yang berarti seorang wanita cantik (la flaca), berkeliaran di otak lebih lama dari kokain, begitu pun tingkat kerusakan otak, yang akan jauh lebih besar. Flakka dapat menyebabkan gejala ekstrim. Bahkan sebagian ahli menyebutnya “excited delirium”. Artinya, terjadi lonjakan adrenalin secara ekstrim yang dapat menimbulkan perilaku kekerasan. Dan yang patut menjadi perhatian adalah flakka menyebabkan penggunanya merasa memiliki kekuatan super dan kemarahan yang bisa meledak-ledak.

Dengan hadirnya obat terlarang jenis baru ini, kita semakin dituntut untuk waspada dan berupaya keras menjauhi benda-benda terlarang tersebut, demi kesehatan dan kebaikan kita sendiri maupun orang-orang yang kita sayangi.

 

 

Sumber: Berbagai Sumber

Shares
Share This