Kota Cirebon Siap Selenggarakan PON XIX 2016

Cirebonmedia.com – 2 hari menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016, Pemerintah Kota Cirebon sudah memastikan dua venue yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan sudah siap digunakan. Dua venue tersebut yaitu venue bulutangkis di GOR Bima dan venue selam nomor kolam di kolam renang Catherine Surya yang juga berada di komplek Bima.

Menurut Ketua Harian SUB PB-PON Asep Dedi yang juga merupakan Sekertaris Daerah Kota Cirebon mengatakan bahwa kedua venue PON sudah siap dipakai. “Venue bulutangkis sudah siap digunakan, sekarang tinggal proses pemasangan karpet, sedangkan untuk venue selam nomor kolam tinggal memasang scoring board” terang Asep Rabu (14/9) kemarin. Selain venue, pemasangan rambu – rambu menuju venue sudah dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang ingin menyaksikan pagelaran PON XIX di Kota Cirebon. Tidak hanya itu, pembenahan sekitar venue pun terus dipercepat seperti pengecetan trotoar, pengecetan patung Bima dan pemasangan lampu jalan. Diharapkan dengan persiapan yang dilakukan Pemerintah Kota Cirebon mampu mensukseskan dan memanjakan masyarakat maupun para atlit PON sendiri.

Kolam renang di komplek olahraga Bima
Kolam renang di komplek olahraga Bima

Terkait para atlit, rencananya seluruh kontingen yang akan bertanding di dua cabang olahraga akan datang ke Kota Cirebon pada hari Jumat (16/9) besok. Namun sudah ada beberapa kontingen yang telah datang ke Kota Cirebon seperti kontingen Jawa Barat dan Papua. Diperkirakan cabang olahraga bulutangkis akan berlangsung ramai karena terdapat salah satu atlit Jawa Barat yang berasal dari Kota Cirebon.

Pekan Olahraga Nasional (disingkat PON) adalah pesta olahraga nasional di Indonesia yang diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti seluruh provinsi di Indonesia. Setelah dibentuk pada tahun 1946, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) yang dibantu oleh Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) – keduanya telah dilebur dan saat ini menjadi KONI – mempersiapkan para atlet Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas XIV di London pada tahun 1948. Usaha Indonesia untuk mengikuti olimpiade pada saat itu menemui banyak kesulitan. PORI sebagai badan olahraga resmi di Indonesia pada saat itu belum diakui dan menjadi anggota Internasional Olympic Committee (IOC), sehingga para atlet yang akan dikirim tidak dapat diterima dan berpartisipasi dalam peristiwa olahraga sedunia tersebut. Itulah sejarah singkat dari PON, semoga PON kali dapat terselenggara secara baik dan para atlet tetap menjunjung tinggi sportifitas.

Shares
Share This