Mengenal Arti Warna

Cirebonmedia.com- Dalam kehidupan sehari-hari kita telah mengenal banyak warna yang menghiasi dunia ini sehingga terlihat indah dan harmoni. Ada berjuta warna di dunia, rasanya mustahil kita memberi nama setiap warna yang ada. Jenis warna yang mudah dikenali dan sangat familier bagi kita adalah warna pelangi yaitu MEJIKUHIBINIU. Atau benda-benda yang sudah identik dengan warna, misalnya pohon coklat, jeruk oranye, logam perak, logam emas, kuning telur, merah darah, hijau daun dan lain sebagainya. Namun, warna sendiri memiliki arti lebih dari sekedar warna saja.

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (warna putih) yang merupakan pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Ilmu tentang warna disebut chromatics. Seorang fotografer terkenal di negeri ini yaitu Darwis Triadi di dalam bukunya “Color Vision” mengatakan “Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan.”

Warna yang menjadikan dunia ini menjadi harminis memiliki arti, berikut adalah arti warna:

Merah

Arti warna Merah melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, simbol dari api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian, perang, bahaya, kecepatan, panas, kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat. warna merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. Merah cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang. energi misal mobil, kendaraan bermotor, olahraga dan permainan.

Putih

Arti warna Putih dikaitkan dengan cahaya, kebaikan, tidak bersalah, kemurnian, dan keperawanan. Hal ini dianggap sebagai warna kesempurnaan. Warna Putih berarti keselamatan, kemurnian, dan kebersihan. Sebagai lawan hitam, putih biasanya memiliki konotasi positif. Putih dapat mewakili sebuah awal yang sukses. Dalam lambang, putih menggambarkan iman dan kemurnian.

 

Hitam

Arti warna Hitam berhubungan dengan kekuatan, keanggunan, formalitas, kematian, kejahatan, dan misteri. Warna ini sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri. latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.

Biru

Arti warna Biru adalah warna langit dan laut. Hal ini sering dikaitkan dengan kedalaman dan stabilitas. Ini melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, keyakinan, kecerdasan, iman, kebenaran, dan surga. Warna Biru dianggap bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Memperlambat metabolisme tubuh manusia dan menghasilkan efek menenangkan. Warna Biru sangat terkait dengan ketenangan dan ketenangan. Dalam lambang, biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan. Biru adalah warna maskulin, menurut penelitian, sangat diterima di kalangan laki-laki. biru tua dikaitkan dengan kedalaman, keahlian, dan stabilitas.

Ungu

Ungu menggabungkan stabilitas biru dan energi merah. Ungu dikaitkan dengan royalti. Ini melambangkan kekuatan, bangsawan, mewah, dan ambisi. Ia menyampaikan kekayaan dan pemborosan. Ungu dikaitkan dengan kebijaksanaan, martabat, kemandirian, kreativitas, misteri, dan sihir. Menurut survei, hampir 75 persen anak-anak pra-remaja lebih memilih ungu untuk semua warna lain. Ungu adalah warna yang sangat langka di alam, beberapa orang menganggap itu sebagai buatan. Ungu adalah pilihan yang baik untuk desain feminin. Anda dapat menggunakan warna ungu cerah ketika mempromosikan produk anak-anak.

 

Hijau

Arti warna Hijau adalah warna alam. Ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Warna Hijau memiliki korespondensi emosional yang kuat dengan keselamatan. Hijau gelap juga umumnya terkait dengan uang. Warna Hijau memiliki kekuatan penyembuhan yang besar. Ini adalah warna paling tenang untuk mata manusia; dapat memperbaiki penglihatan. Hijau menunjukkan stabilitas dan daya tahan. Kadang-kadang warna hijau menunjukkan kurangnya pengalaman : misalnya, ‘anak bawang’ adalah seorang pemula. Dalam lambang, hijau menunjukkan pertumbuhan dan harapan. Hijau, sebagai lawan merah, berarti aman : itu adalah warna dari bagian bebas di lalu lintas jalan.

 

Kuning

Arti warna Kuning adalah warna sinar matahari. Ini terkait dengan sukacita, kebahagiaan, kecerdasan, dan energi. Warna ini Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.

Arti Warna
Arti Warna

Oranye

Oranye menggabungkan energi merah dan kebahagiaan kuning. Hal ini terkait dengan sukacita, sinar matahari, dan daerah tropis. Oranye mewakili semangat, daya tarik, kebahagiaan, kreativitas, tekad, tarik, sukses, dorongan, dan stimulasi. Untuk mata manusia, oranye adalah warna yang sangat panas, sehingga memberikan sensasi panas. Namun demikian, jeruk tidak seagresif merah. Oranye meningkatkan pasokan oksigen ke otak, menghasilkan efek menyegarkan, dan menstimulasi aktivitas mental. Hal ini sangat diterima di kalangan anak muda. Sebagai warna jeruk, jeruk dikaitkan dengan makanan sehat dan merangsang nafsu makan. Oranye adalah warna musim gugur dan panen. Dalam lambang, jeruk adalah simbol dari kekuatan dan daya tahan. Warna oranye memiliki visibilitas yang sangat tinggi, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menangkap perhatian dan menyoroti elemen yang paling penting dari desain Anda. Warna oranye sangat efektif untuk mempromosikan produk makanan dan mainan.

Shares
Share This