Orang-Orang Indonesia yang Masuk Dalam Guinness Book of Record

Cirebonmedia.com- Manusia terlahir dengan berbekal kemampuan yang berbeda satu sama lain, kemampuan-kemampuan manusia ini juga memiliki tingkatan yang berbeda sehingga pemilik kemampuan yang tergolong diatas rata-rata mampu membuat rekor tersendiri dan namanya pun tercatat dalam Guinness Book of Record.

Guinness Book of Record adalah buku rujukan yang diterbitkan setiap tahun, berisi kumpulan rekor dunia yang berkaitan dengan prestasi manusia, serta catatan “ter-” dan “paling” yang ada di dunia dan mendapat pengakuan secara internasional. Buku ini diterbitkan perusahaan bir hitam Guinness dan memegang rekor dunia sebagai seri buku berhak cipta yang paling laku di dunia.

Buku ini diterbitkan perusahaan bir hitam Guinness dan memegang rekor dunia sebagai seri buku berhak cipta yang paling laku di dunia Pada 10 November 1951, Sir Hugh Beaver yang waktu itu menjabat sebagai managing director pabrik pembuatan bir Guinness beradu pendapat dengan teman-temannya sewaktu sedang berburu bersama di muara Sungai Slaney di County Wexford, Irlandia. Mereka saling mempersoalkan burung buruan di Eropa yang paling cepat terbangnya, burung spesies Pluvialis apricaria atau burung familia Tetraonidae. Malam itu, Beaver menyadari bahwa buku rujukan yang ada ternyata tidak bisa menjawab pertanyaan tentang burung buruan di Eropa yang paling cepat terbangnya. Kalau saja ada pihak yang mau menerbitkan, Beaver memperkirakan buku tersebut bisa menjadi populer. Itulah sejarah singkat  cikal bakal lahirnya Guinness Book of Record yang masih eksis hingga saat ini.

Untuk tercatat dalam buku Guinness Book of Record tidak mudah seseorang harus memiliki kemampuan super atau diatas rata-rata manusia lainnya. Namun, sebagai bangsa Indonesia kita patut berbangga karena ada beberapa putra-putri bangsa yang namanya diabadikan ke dalam buku Guinness Book of Record.

Siapa saja mereka? Berikut adalah nama-nama orang Indonesia yang masuk dalam Guinness Book of Record:

Rudy Hartono

statik.tempo.coSiapa yang tak mengenal legenda bulutangkis Indonesia yang satu ini, nama Indonesia pernah berjaya karena keahlian beliau dalam pertandingan bulutangkis. Rudy yang menjuarai All England sebanyak delapan kali ( 7 kali berturut-turut pada (1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973 , 1974 serta 1976 ) dimana hal ini tercatat dalam Guinness Book of Record pada tahun 1982 ( bisa dibilang Rudy Hartono juga orang Indonesia pertama yang namanya tercatat di Guinness!). Rudy mulai dikenal dunia ketika menjuarai All England tahun 1968 dan menutup prestasi besarnya dengan menjadi Juara Dunia tahun 1980. Berarti Rudy menempatkan dirinya dijajaran atas bulutangkis dunia selama 12 tahun.

Dominic Brian

Teknik menghapal angka oleh Dominic BrianDominic mencatatkan namanya dalam buku rekor dunia Guinness Book of Record setelah berhasil menunjukkan kemampuannya mengingat 76 deret angka hanya dalam 60 menit. bocah 12 tahun asal Kuta, Bali ini masuk dalam buku catatan rekor dunia yang diterbitkan perusahaan bir hitam Guinness, setelah menunjukkan kemampuannya pada acara pemecahan rekor yang dilaksanakan di taman satwa Bali Zoo Park di Gianyar, Bali, 15 Agustus 2009. Perwakilan Guinness Book of Record Asia, Alex Iskandar Liew, memuji kemampuan yang ditunjukkan Brian. Selain itu, ia juga menilai hal itu sebagai rekor unik, mengingat umur Dominic yang masih tergolong anak-anak menuju remaja.

Kunto Hartono

kunto-siapkan-drum-untuk-gubernur-alex-noerdinKunto Hartono mengukir namanya dalam Guinness Book of Record, setelah menunjukan kepiawaiannya dalam menabuh drum selama 72 jam secara non stop. Dan Kunto yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang permak jeans ini telah menjadi orang kedua dari Indonesia yang namanya masuk di Guinness Book of World Records, setelah pebulutangkis Rudy Hartono menjuarai All England delapan kali berturut-turut. Rekor 72 jam yang dipegang Kunto otomatis telah memecahkan rekor dunia 60 jam yang telah ditorehkan oleh Alvaro Lopez dari Amerika Latin, pada Mei 2003 silam.

Shares
Share This