Nenek Moyang Sosial Media

Cirebonmedia.com – Siapa yang tidak mengenal Facebook. Facebook merupakan salah satu sosial media paling populer di dunia. Selain Facebook ada berbagai jenis sosial media seperti Twitter, Instagram, Path dan lain sebagainya. Namun apakah kalian tahu awal mula dari sosial media itu sendiri ? Sebelum populernya Facebook dan kawan – kawan terdapat sosial media yang bisa dikatakan sebagai nenek moyang sosial media. Berikut adalah sosial media yang pertama kali populer:

Friendster

Sebelum kalian mengenal Facebook dan Twitter, Friendster jauh lebih dulu hadir dan menjadi awal mula populernya sosial media yang didirikan pada tahun 2002. Friendster adalah sebuah situs social games yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California. Sebelum berubah menjadi social games, friendster juga digunakan untuk menjaring pertemanan, bertemu dengan teman baru, saling mengirim pesan, mengirim testimonial atau komentar. Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Salah satu fasilitas lain dari friendster adalah adanya buletin board yang dapat dibaca oleh semua orang yang sudah menjadi teman kita di friendster.

Live Connector (LC)

Saat friendster sedang populer di kalangan orang Indonesia, ada juga layanan serupa yang dibuat oleh Indonesia bernama Live Connector atau biasa disebut dengan “LC”. Yang membedakan, Live Connector menghadirkan fasilitas chatting yang hanya dapat digunakan untuk berchating, dan membuat forum dengan pengguna lainnya. Situs ini awalnya diluncurkan pada tahun 2005. Meskipun tak berjalan mulus dan sudah berhenti, Live Connector pernah memiliki lebih dari 250.000 anggota di tahun pertamanya.

mIRC

Selain melakukan aktivitas browsing, pengguna internet era tahun 2000-an juga suka melakukan chatting. Tentu bagi yang suka melakukan chatting tidaklah asing dengan mIRC. mIRC merupakan salah satu program chatting yang paling populer di era 2000-an. Aplikasi mIRC ini merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan yang beroperasi di sistem operasi Windows. Aplikasi ini memiliki program dan fasilitas yang terbilang sederhana hanya di bidang pengiriman teks saja, meski begitu pada 2003 MIRC masuk kedalam 10 aplikasi internet terbaik.

Milis

Milis dalam bahasa Inggris diisebut dengan mailing list yang merupakan grup diskusi pada Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan ikut serta di dalamnya. Kegitan online yang satu ini merupakan grup diskusi di internet dimana anggotanya bisa saling membaca dan mengirim email di dalamnya. Walaupun saat ini banyak sosial media, forum dan sebagainya, bermain milis masih banyak dilakukan oleh sebagain orang. Milis selalu memiliki berbagai macam topik diskusi seperti milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada yang membahas masalah agama, dan sebagainya.

sosmred
sosmred

Yahoo Messenger (YM)

Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo. Awalnya YM rilis dengan nama Yahoo Pager pada 9 Maret 1998. Yahoo Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta kalian akses menggunakan Yahoo ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo, seperti Yahoo Mail. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms. Aplikasi chatting dari yahoo lebih keren dibanding MIRC karena dilengkapi dengan panggilan voice, webcam, games, bahkan dulunya aplikasi ini memiliki room chat sesuai dengan negara, kota, hingga hobi yang kalian minati.

Multiply

Multiply merupakan sebuah situs perdagangan elektronik (e-commerce) yang menghubungkan para penjual dan pembeli secara online. Sebelum menjadi situs perdagangan elektronik, Multiply lebih dikenal sebagai sebuah situs jejaring sosial untuk berbagi foto, video, musik, blog dan lain-lainnya. Pada waktu itu, Multiply pernah menjadi jejaring sosial populer kedua di Asia Tenggara yang memiliki jutaan pengguna di AS, Brazil, India dan banyak lagi. Melalui Multiply, para penggunanya bisa berbagi foto, comment, blog, hingga berbagi file musik. Namun sayangnya, pada Mei 2013 Multiply sudah menutup semua layanan usahanya serta media sosialnya ini.

Bagaimana ? Sudah pernah mencoba sosial media diatas ?

Shares
Share This