Masalah Dibalik Permainan Pokemon GO

Cirebonmedia.com – Permainan Pokemon GO benar – benar menjadi wabah baru para pengguna smartphone saat ini. Orang – orang rela berjalan kaki hingga puluhan meter demi menangkap pokemon dengan menggunakan smartphone mereka. Banyak yang mengatakan dengan bermain Pokemon GO dapat membuat tubuh menjadi sehat karena mereka banyak melakukan gerakan dengan bermain Pokemon GO. Namun tidak jarang

Memainkan Pokemon GO ternyata dapat menimbulkan masalah yang berbahaya bagi Anda yang sering menangkap para monster lucu ini. Berikut ini adalah potensi masalah yang akan terjadi saat memainkan game Pokemon GO.

Bertengkar Akibat Persaingan

Pokemon GO begitu fenomenal sehingga dalam waktu kurang dari seminggu, jumlah pemainnya sudah hampir menyaingi jumlah pengguna Twitter dari seluruh dunia. Untuk itu tak heran jika Anda bertemu dengan para pemain Pokemon GO di manapun Anda berada. Dengan begitu berarti semakin tinggi pula tingkat persaingan. Jika sebelumnya persaingan di game hanya terjadi di dalam dunia virtual, pada game ini persaingan akan terjadi langsung di dunia nyata. Karena Anda baru bisa mengadu pokemon jika berada di dalam satu tempat yang berdekatan. Hal ini berpotensi menimbulkan pertengkaran karena persaingan yang terjadi di dalam satu tempat itu. Tidak semua orang memiliki jiwa besar dalam mengakui kekalahannya dan tidak semua orang memiliki kebijakan untuk tidak menyombongkan diri.

Pengeluaran Uang Yang Tinggi

Seperti game mobile pada umumnya, Niantic dan Nintendo mengandalkan in apps purchase sebagai pemasukan revenue utamanya. Pokemon GO tergolong cukup agresif dalam mencari pemasukan lewat cara ini. Selain mata uang digital yang dijual di dalam game yang harus dibeli dengan uang sungguhan, Pokemon GO juga menjual berbagai macam item yang menggunakan uang sungguhan di dalamnya. Jika Anda tidak mengendalikan pengeluaran uang di dalam game ini, maka Anda harus bersiap menambah pengeluaran.

Permainan Pokemon GO
Permainan Pokemon GO

Kriminalitas

Salah satu gameplay utama dari Pokemon GO adalah meminta Anda untuk jalan keluar rumah dan memburu Pokemon liar di berbagai tempat. Untuk itu, Anda terpaksa jalan kaki keliling-keliling dalam berburu Pokemon yang muncul di layar smartphone Anda. Indonesia dikenal sebagai negara yang rawan kriminalitas. Untuk itu, jika Anda berjalan sendirian sambil memegang smartphone Anda di depan umum itu sama saja dengan mengundang masalah. Sebagai contoh ada para perampok yang memanfaatkan game Pokemon GO sebagai ‘umpan’ untuk merampok dengan mengeluarkan Lure agar orang keluar dari rumah.

Serangan Malware

Indonesia merupakan salah satu negara yang belum masuk daftar rilis resmi game Pokemon GO, banyak yang mendownload game ini dengan berbagai cara. Bagi pengguna android, salah satu pilihannya adalah dengan cara download file apk dan diinstall ke android mereka. Namun, download file apk dari situs selain Google Playstore memiliki potensi yang berbahaya, karena dari pihak ketiga maka tidak ada yang bisa menjamin keamanan dari file apk yang Anda download. Ketenaran Pokemon GO juga disadari oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab ini. Mereka pun membuat apk Pokemon GO yang sudah disusupi malware. Jika Anda install apk yang sudah disusupi malware tersebut maka para oknum tersebut akan memiliki akses dan kendali ke dalam perangkat android Anda.

Lingkungan Sekitar

Hal pertama yang diperingatkan oleh Niantic saat kita memainkan game Pokemon GO ini adalah waspada dengan lingkungan sekitar.. Anda juga bisa menghadapi masalah jika Anda tidak memerhatikan lingkungan sekitar Anda. Misalnya, akibat terlalu fokus saat mencari pokemon atau terpaku pada layar smartphone, Anda bisa jatuh ke dalam got atau lubang yang berada di jalan. Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang tidak bersahabat bagi pejalan kakinya. Tempat berjalan kaki di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Cirebon, umumnya memiliki banyak hambatan yang tidak nyaman bagi para pejalan kaki. Terlebih lagi di Cirebon saat ini memiliki jumlah kendaraan bermotor yang banyak dan tingkat kepedulian lalu lintas yang masih cukup rendah.

Shares
Share This