Selamat Hari Air Sedunia

Cirebonmedia.com- Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es, akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia.

Hari ini 22 maret 2016 adalah perayaan hari air sedunia yang ditujukan sebagai usaha untuk menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber air bersih yang berkelanjutan. Hari air sedunia yang dicanangkan oleh WHO pada tahun 1992 ini, mungkin memang tidak setenar hari AIDS atau Earth Day, tapi tidak kalah pentingnya. Hari Air Sedunia merupakan hari dimana kita mengingat betapa pentingnya persediaan air minum yang bersih dan aman, dan sekaligus menyadari bahwa masih banyak orang di dunia ini yang tidak memiliki akses air minum bersih.

Image By: Google.com
Image By: Google.com

Terkadang air yang tersedia hanya air asin atau air keruh yang bahkan berbau. Dapatkah  dibayangkan jika tidak memiliki air bersih untuk diminum? Untuk menjaga kesehatan dan tubuh berfungsi baik dan benar, kita harus minum minimal 8 gelas air sehari. Dan bukan sembarangan air tentunya, tetapi air murni, karena hanya air murni yang dijamin tidak mengandung zat pencemar yang dapat membuat sakit. Rumah tangga yang mengalami krisis air bahkan tidak memiliki cukup air untuk mandi atau mencuci pakaian, terlebih lagi untuk memenuhi kebutuhan air minum.

Jadi apa yang dapat dilakukan pada hari air sedunia? Dapat mulai dari langkah kecil dengan mengajarkan keluarga tentang pentingnya air minum murni dan betapa banyaknya orang yang tidak memiliki akses air minum murni. Dengan begitu, akan menanamkan kebiasaan meminum air murni dan juga apresiasi akan beruntungnya mereka karena mudah mendapatkan air minum murni. Untuk kegiatan yang sedikit lebih besar, mungkin dapat mengorganisir kegiatan amal di daerah perumahan atau kantor dan menggalang donasi air minum murni botolan. Kemudian dapat menyalurkan botol yang terkumpul tersebut ke daerah yang membutuhkan. Dapat juga mengadakan kerja bakti untuk membersihkan sungai dan kali di sekitar rumah.

Apapun kegiatan yang dipilih, entah itu kegiatan kecil seperti mengajarkan keluarga dan teman arti pentingnya Hari Air, atau kegiatan besar seperti mengorganisir donasi air murni kemasan untuk disumbangkan, semuanya berarti. Jadi jangan lupa menandakan tanggal 22 Maret di kalender dan mulailah berpikir tentang apa yang dapat  dilakukan untuk memperingati hari penting ini.

Shares
Share This