Cirebonmedia.com- Jumlah penumpang di Bandara Soetta pada hari libur terakhir minggu 3 januari 2016 mengalami kenaikan yang cukup signifikan divanding hari biasanya. Berdasarkan data dari Posko Mudik Natal dan Tahu Baru hingga pukul 13.00 WIB, jumlah penumpang dari kedatangan dan keberangkatan pada penerbangan domestik dan internasional mencapai 64.638 orang. Saat itu jumlah penumpang mencapai 163.543 orang. Volumenya naik 2,16 persen dibanding tahun 2014 lalu dengan jumlah penumpang 160.082 orang. Berdasarkan prediksi tren data pergerakan penumpang Natal dan Tahun Baru 2016, jumlah penumpang pada malam ini mencapai 177.828 orang, dan puncaknya pada Senin 4 januari 2016 dengan jumlah penumpang 192.360 orang.

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta merupakan sebuah bandar udara utama Indonesia. Bandar udara ini diberi nama sesuai dengan nama dwitunggal tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sekaligus merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama. Bandara Soetta memiliki kode IATA CGK. Bandara ini mulai beroperasi pada tahun 1985, menggantikan Bandar Udara Kemayoran di Jakarta Pusat, dan Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Image By; Cirebon Media/ Bima

Soekarno-Hatta memiliki luas 18 km², memiliki 2 landasan paralel yang dipisahkan oleh 2 taxiway sepanjang 2,4 km. Terdapat dua bangunan terminal utama: Terminal 1 untuk semua penerbangan domestik kecuali penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Terminal 2 melayani semua penerbangan internasional juga domestik oleh Garuda. Setiap bangunan terminal dibagi menjadi 3 concourse. Terminal 1A, 1B, dan 1C digunakan untuk penerbangan domestik oleh maskapai lokal. Terminal 1A melayani penerbangan oleh Lion Air dan Wings Air. Terminal 1B melayani penerbangan oleh Kartika Airlines dan Sriwijaya Air. Sedangkan terminal 1C melayani penerbangan oleh Airfast Indonesia dan Citilink. Bandar udara ini dirancang oleh arsitek Perancis Paul Andreu, yang juga merancang Bandar Udara Charles de Gaulle di Paris, Perancis.

Kenaikan jumlah Ini dikarenakan banyak masyarakat yang pulang ke kota masing-masing setelah berlibur di berbagai daerah. Setiap 8 menit sekali di terminal 1 datang maskapai penerbangan domsetik dari Medan, Balikpapan, Pontianak, Lombok, Surabaya dan Pekanbaru. Seperti yang dilakukan salah seorang penumpang maskapai Sriwijaya Air TR asal Cirebon yang memanfaatkan libur panjang untuk berlibur di Pontianak Kalimantan Barat. “Saya ke Pontianak untuk berlibur, kebetulan saya sudah lama sekali tidak pulang ke kalimantan makanya pas liburan tahun baru ini saya dengan anak saya memanfaatkan untuk pulang ke pontianak sekalian berlibur” ujarnya saat ditemui cirebon media di terminal kedatangan 1B bandara soekarno hatta Cengkareng.

20 Total Views 2 Views Today