Bidang Pertanian Harus Ditingkatkan

Cirebonmedia.com– Pertanian saat ini perlahan-lahan semakin di jauhi kalangan muda, saat ini jurusan Pertanian menjadi Salah satu jurusan yang kurang diminati, generasi muda saat ini lebih memilih menjadi seorang pembisnis, pegawai bank ternama serta Pegawai Negri Sipil.

Pandangan generasi muda saat ini lebih ke arah bagai mana menghasilkan uang yang banyak dengan pekerjaan yang bergengsi tinggi. Saat ini profesi petani dipandang sebelah mata, profesi petani saat ini identik dengan kemiskinan, padahal di Negara-negara maju seperti Amereka, Profesi petani lebih bergengsi dan lebih banyak menghasilkan uang dibandingkan dengan seorang artis sekalipun.

Di Sebelah barat kota Cirebon banyak terdapat petani-petani bawang yang memiliki omset Ratusan juta rupiah setiap tahunnya, pandangan tentang petani saat ini harus berubah, generasi muda harus sadar bahwa bidang pertanian adalah bidang yang tidak akan sepi selama masih ada manusia dibumi ini.

Peran serta Mahasiswa Pertanian diharapkan dapat menimbulkan minat pada generasi-generasi agar minat mereka terhadap bidang pertanian dapat tercipta.

Pertanian sendiri adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam serta pembesaran hewan ternak, meskipun cangkupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekedar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan.

IMG_5011Bagian terbesar penduduk dunia bermata pencaharian dalam bidang-bidang di lingkup pertanian, namun pertanian hanya menyumbang 4% dari PDB dunia. Sejarah Indonesia sejak masa kolonial sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, karena sector-sektor ini memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan berbagai realitas ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Berdasarkan data BPS tahun 2002, bidang pertanian di Indonesia menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 44,3% penduduk meskipun hanya menyumbang sekitar 17,3% dari total pendapatan domestik bruto.

Pemerintah diharapkan memberikan penanganan khusus pada para mahasiswa yang tertarik di bidang pertanian agar pertanian Indonesia dimasa depan dapat berjaya dan dapat menguasai pasar global.

 

 

Oleh: Harja

Image By: Harja/ Cirebon Media

 

Shares
Share This