Harga Beras Di Cirebon Masih Stabil

Cirebonmedia.com– Kebutuhan pokok adalah suatu kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi oleh masyarakat. Menjelang perayaan natal dan tahun baru yang tinggal beberapa pekan ke depan ini, berbagai macam harga kebutuhan pokok seperti beras, sayur, daging, telur, cabai dan lain lain di pasar mulai menunjukan kenaikan yang cukup signifikan.

Seperti halnya di pasar Plered Kabupaten Cirebon. Harga beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Kenaikan terjadi hingga mencapai dua kali lipat dari harga sebelumnya. Harga sayuran mengalami kenaikan sebesar Rp 4.000 sampai Rp 7.000 per kilogramnya. Dan harga cabai naik dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk harga cabai kenaikan mencapai kurang lebih Rp 5.000 per kilonya. Para pedagang mengakui kenaikan harga ini dikarenakan permintaan yang tinggi.

IMG_0335Namun tidak untuk harga beras. Menurut salah seorang pedagang harga beras dinilai masih stabil, “Untuk harga beras saat ini masih stabil, dikarenakan stok beras dan hasil panen masih cukup untuk memenuhi permintaan pasar.” ujar Agus pedagang beras di Pasar Plered. Untuk harga sendir,i dengan kualitas sedang masih berada di harga Rp 9.000 an per kilonya, sedangkan untuk yang kualitas bagus berada di harga Rp 10.000 an per kilonya tergantung jenis beras tersebut. Menurut Agus kenaikan harga beras di perkirakan akan terjadi pada bulan januari mendatang, “Kayaknya di bulan januari nanti akan ada kenaikan harga beras” ujarnya. Untuk saat ini dengan harga beras yang masih stabil di harapkan masyarakat tidak perlu khawatir.

Beras yang merupakan kebutuhan pokok dapat diolah menjadi nasi, makanan pokok terpenting di dunia. Beras juga digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue. Selain itu, beras merupakan komponen penting bagi jamu beras kencur dan param, selain itu minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin. Dalam bidang industri pangan, beras diolah menjadi tepung dan beras.

 

 

 

Oleh: Bima

Image By: Bima/ Cirebon Media

Shares
Share This