Sosok Pahlawan Dalam Diri Seorang Ayah

Cirebonmedia.com– Tak banyak orang mengetahui bahwa pada tanggal 12 November setiap tahunnya, bangsa Indonesia memperingati hari spesial yang dikenal dengan Hari Ayah. Di Indonesia sendiri, hari ayah belum setenar hari ibu, hal tersebut dikarenakan peristiwa itu terhitung sangat baru di telinga masyarakan tanah air.

Hari Ayah baru dideklarasikan pada tanggal 12 November 2006, yang diresmikan oleh komunitas Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) yang bermarkas di Pendapi Gede Balaikota Solo, Jawa Tengah. Tak seperti hari ibu pada 22 Desember yang diresmikan oleh Presiden Soekarno dibawah Dekrit Presiden No. 316 Tahun 1953.

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati sosok seorang Ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda,Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day diperingati setiap bulan 19 November.

Hari Ayah 500X500Selama ini tanpa kita sadari,kita telah melupakan jasa-jasa yang sudah diberikan dari sosok seorang ayah. kita tahu,peran serta ayah masih dibawah bayang-bayang sosok seorang ibu,tapi terlepas dari semua itu,peran serta antara ibu dan ayah dalam ruang lingkup keluarga sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang kepribadian seorang anak,di sini seorang ayah dituntut untuk bisa menjadi contoh dan suri tauladan bagi istri dan anak-anaknya.

Di hari ini,pemerintah sudah memberikan apresiasi yang sangat besar dengan memberikan penghargaan kepada sosok pahlawan yang sebenarnya kepada seorang AYAH,tanpa melupakan peran serta seorang ibu di dalamnya,terima kasih ayah,atas semua jasa-jasamu yang telah kau berikan kepada kami sebagai anak-anak mu,tanpamu kami bukan apa-apa,tanpamu juga kami bukan siapa-siapa. Selamat Hari Ayah!

 

 

 

Oleh: Agus Chaerul Anwar

Image By: Google.com

 

Shares
Share This